Wakil Walikota Yogyakarta Lakukan Silaturahmi Dengan Daring

Wakil Walikota Yogyakarta saat melakukan sungkeman dengan keluarga usai melaksanakan Shalat IdulFitri, Minggu (24/5/2020)

Gondokusuman-Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, setelah melaksanakan sholat Idulfitri kemarin dirinya melanjutkan dengan kegiatan sungkeman yang dilakukan di rumah dinasnya, setelah itu Ia melakukan silaturahmi dengan menggunakan cara daring.

Heroe menyampaikan pada bulan Ramadhan hingga hari raya Idulfitri pada tahun 2020 ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan bulan Ramadhan dan perayaan hari raya sebelumnya.

“Ramadhan dan lebaran kita tahun 2020 sangat berbeda jika dibanding dengan tahun sebelumnya. Karena tahun-tahun sebelumnya masyarakat bisa melakukan ibadah bersama-sama sekarang hanya di rumah bersama keluarga inti,” katanya, Selasa (26/5/2020).

Hal serupa juga terjadi saat perayaan hari raya Idulfitri, jika tahun-tahun sebelumnya setelah Idulfitri masyarakat memanfaatkan untuk berkunjung ke rumah saudara hingga melakukan reuni sekolah saat ini di masa pamdemi Idulfitri hanya dirayakan bersama keluarga inti.

“Adanya pandemi covid 19 ini merubah semuanya sekarang ibadah di rumah, buka bersama di rumah, shalat ied di rumah, dan silahturahmi dengan menggunakan video call memanfaatkan aplikasi seperti Whatsapp, atau Zoom,” terangnya.

Merubah Tata Cara Masyarakat

Menurut Wawali selain merubah suasana ramadhan dan perayaan Idulfitri, pandemi covid 19 juga merubah tata cara masyarakat dalam melakukan aktivitas sosial maupun ekonomi.

“Perubahan itu dilakukan sebagai jalan keluar karena adanya social distancing maupun physical distancing. Serta harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk kegiatan sehari-hari,” ungkapnya.

Lanjutnya, banyak hal-hal baru dan juga tidak biasa serta berbeda menjadi aktivitas masyarakat untuk menjalani kehidupan di masa pandemi covid 19.

“Kedepan akan ada protokol baru, dan akan menjadi kebiasaan seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, terutama yang menyangkut dengan kesehatan,” pungkasnya.