Bermain Game Online

(Foto:pinterest.com)

Kemunculan game online beberapa bulan ini memang fenomenal. Pokemon Go bisa dibilang salah satu game ponsel yang mengharuskan pemainnya untuk menangkap Pokemon di tempat-tempat yang berlokasi di dunia nyata.

Demam game ini ternyata digandrungi oleh hampir semua lapisan masyarakat. Anak-anak, orang muda bahkan dewasa pun ikut berburu karakter Pokemon hingga ke sudut-sudut kota.

Bahkan, beberapa orang sampai meluangkan waktu khusus untuk mencari di mana Pokemon berada, mulai dari rumah sendiri, jalan raya, supermarket, perkantoran, sekolah, masjid, hingga kendaraan umum sekalipun.

Memang bermain game ini sangat mengasikan, karena kita dipaksa untuk terus berjalan untuk mendapatkan pokemon-pokemon, apalagi jika kita mendapatkan pokemon yang langka dengan kekuatan yang besar.

Namun bermain game ini secara berlebihan tidaklah baik, karena akan mengganggu aktifitas kita. Misalkan bermain saat bekerja akan mengganggu kinerja kita dan kita akan susah fokus pada pekerjaan karena sibuk mencari pokemon di sekitar tempat kerja.

Sejak kemunculan game Pokemon Go yang digandrungi oleh banyak orang, banyak perusahaan yang memberikan laranga, bahkan tak ragu memberikan sanksi kepada pegawainya jika mereka ketahuan sedang bermain game ini pada jam kerja.

Selain itu bermain pokemon juga akan sangat membahayakan ketika memainkannya dengan berkendara. Dengan pandangan selalu tertuju pada ponsel membuat para pencari pokemon rawan menjadi korban kecelakaan.

Jangan Terlena

Jangan sampai game yang seharusnya membuat kita senang dan bahagia justru menimbulkan malapetaka. Maka dari itu sebaiknya ketika berkendara tidak melakukan aktivitas pencarian pokemon, karena jalan raya sangat berbahaya, tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk pengguna jalan lainnya.

Para pencari Pokemon, terutama agar masyarakat tidak kecanduan, perlu ada pengawasan dari orang di sekitar. Jika seorang anak bermain, orangtua harus mengawasi agar tidak kecanduan. Jika orang dewasa kecanduan, mereka harus ada kontrol diri pribadi agar tak mengganggu aktivitas wajib. Main boleh tapi bukan berarti harus tidak peduli dan melupakan apa yang ada di sekitar kita.