Fajar Gegana Resmi Menjabat Wakil Bupati Kulon Progo Sisa Masa Jabatan 2017 – 2022

Fajar Gegana resmi dilantik sebagai Wakil Bupati (Wabup) Kulon Progo sisa masa jabatan 2017 – 2022. Pelantikan dilaksanakan di Gedong Pracimosono. (Foto: Pemkab Kulonprogo)

Danurejan-Fajar Gegana resmi dilantik sebagai Wakil Bupati (Wabup) Kulon Progo sisa masa jabatan 2017 – 2022. Pelantikan dilaksanakan di Gedong Pracimosono, Komplek Kepatihan Yogyakarta Kamis (11/06/2020). Pelantikan Wakil Bupati Kulon Progo tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dengan standar protokol kesehatan Covid-19.

Fajar Gegana menggantikan Drs.H.Sutedjo yang menjabat Bupati Kulon Progo, usai dr. Hasto Wardoyo, SP. OG.(K) diangkat Presiden menjadi Kepala kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). pada Juli 2019.

Seperti yang dilansir press realease dari Pemkab Kulonprogo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dalam sambuatannya mengatakan walau dalam pandemi Covid-19 pelantikan ini dapat berjalan baik, dengan pelantikan ini, Fajar Gegana menjadi pejabat pemerintah, meski sebgai kader ia bukan lagi mengedepankan kepentingan partai, namun menjadi Wakil Bupati dan harus memikirkan nasib warga secara lebih luas serta dalam pemberdayaan wong cilik, tanpa membeda – bedakan dari mana mereka berasal.

“Kepemimpinan yang melayani menuntut perubahan karakter untuk bergerak melayani kepentingan publik, itu lah ciri pemimpin yang memiliki akuntabilitas, penuh tanggungjawab dan dapat diandalkan, Selain itu menjadi pemimpin yang efektif dimulai dari visionary role menuju implementasi role,” kata Sultan.

Sultan mengingatkan sebagai Wakil Bupati jangan sampai melalaikan misi, tugas dan kewajiban seorang pemimpin daerah. Selanjutnya konsekuensi seorang pemimpin tidak hanya dapat menciptakan visi dan misi, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mewujudkannya dengan program dan aksi melalui tindakan pro-rakyat.

Sementara itu, Wabup Fajar Gegana usai pelantikan saat jumpa persnya mengatakan dalam tugas terdekatnya adalah penanganan Covid-19 di Kulon Progo.

“Nantinya ia akan melihat kondisi di lapangan, karena ini merupakan tugas pertama saya dalam penaganan wabah Covid-19,” ujarnya.

Tonjolkan Berbagai Sektor

Selain itu, dalam visi misinya ia akan menonjolkan pada sektor pertanian, kebudayaan dan destinasi wisata agar dapat mengontrol perekonomian di wilayahnya. Ia menginginkan mengubah mainset generasi milenial agar tidak gengsi dalam memajukan sektor pertanian.

“Dengan semangat Bela Beli Kulon Progo untuk meningkatkan perekonomian rakyat pada fase new normal yang akan datang. Melalui inovasi dengan mendorong kaum milenial pada teknologi dan pertanian,” jelasnya.

Ditemui usai pelantikan Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo bersyukur telah memiliki wakil bupati untuk mendukung kinerjanya kedepan. Menurutnya untuk tugas wakil bupati yang menanti Fajar Gegana agar segera memimpin penanggulangan Covid-19 secara struktural fungsional, memimpin Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, lalu menjabat sebagai Ketua Badan Narkotika Kabupaten Kulon Progo.

Dalam pelantikan tersebut secara simbolis, dilakukan dengan pengucapan sumpah dan janji sebagai Wabup Kulon Progo dipandu Gubernur, dilanjutkan penandatanganan berkas pelantikan dan pemasangan pangkat jabatan oleh Sri Sultan.