Masa Pandemi, Perpustakaan Kota Yogyakarta Buka Layanan Antar Buku Sampai ke Rumah

Perpustakaan Kota Yogya buka layanan antar buku sampai ke rumah (Foto: Hanang Widiandhika)

Selama pandemi covid 19, Perpustakaan Kota Yogyakarta menutup sementara layanan baca ditempat, langkah tersebut diambil untuk meminimalisir penyebaran covid 19 di Kota Yogyakarta. Namun masyarakat masih bisa memanfaatkan beberapa layanan dari Perpustakaan Kota Yogya.

Selaian layanan Sarana Peminjaman dan Pengembalian Buku Pustaka Langsung Tanpa Turun dari Kendaraanatau (Saparatu) untuk mengakses peminjaman buku maupun pengembalian buku, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan Jamila atau Jaminan Layanan Prima Mengantar Buku Andalan ke Pemustaka.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan layanan ini guna meminimalisir masyarakat untuk beraktifitas diluar rumah dengan memberikan apa yang mereka butuhkan yaitu peminjaman buku.

“Kalau pemustaka tidak sempat ke sini, bisa kami yang mengantarkan (buku). Tentu saja untuk pemustaka yang tinggal di Kota Yogyakarta. Kalau misalnya tinggal di pinggir Bantul begitu, bisa janjian bertemu di daerah Kota, seperti COD-an,” terangnya.

Ia menjelaskan untuk mengakses layanan tersebut tentu ada beberapa syarat seperti masyarakat merupakan anggota Perpustakaan Kota Yogya.

Memiliki KTP/SIM/BPJS/Kartu Keanggotaan Organisasi yang diakui secara nasional, sebagai jaminan peminjaman. Pengantaran buku dilayani pada area wilayah Kota Yogyakarta.

“Para pemustakan dapat mengajukan permohonan layanan Jamila melalui Whatsapp 081390951274 atau telepon 0274-511314. Maksimal peminjaman buku 2 eksemplar” ungkapnya.

Peminjaman buku dilayanani setiap hari kerja dan pengantaran buku dijadwalkan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB.