Peduli Sesama Warga di Tengah Pandemi Covid 19

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyerahkan sayuran kepada warga Wirogunan yang membutuhkan, Minggu (7/7/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Mergangsan-Peduli sesama warga ditengah pandemi covid 19 bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti yang dilakukan oleh Relawan GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) dan Mas Bayu (Masyarakat Berbagi Sayuran) Kelurahan Wirogunan.

Mereka menyediakan berbagai sayuran bagi masyarakat di wilayah Kampung Joyonegaran dan Kampung Bintaran.

Sayuran yang dikemas dalam plastik dapat diambil secara gratis oleh warga sesuai kebutuhan.

Warga diberi kebebasan dalam memilih sayuran, maksimal dua bungkus. Hal tersebut, dimaksudkan memberi kesempatan kepada warga yang lain.

Ketua aksi Berbagi Sayuran, Herond Henry, menjelaskan aksi tersebut sebagai wujud nyata sikap berbagi kepada sesama warga disaat pandemi Covid-19.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama, terutama dalam masa pandemi Covid-19.”jelasnya dilokasi, Minggu (7/7/2020).

Hari ini, lanjutnya, sayuran yang di bagikan sebanyak 3049 bungkus. “Ini merupakan aksi ketiga kami” jelasnya.

Ia menceritakan jika aksi tersebut murni berawal dari spontanitas, yang bertujuan membantu masyarakat terutama yang terdampak pandemi Covid-19.

“Saat ini, banyak warga yang sudah mendapatkan bantuan berupa sembako. Maka kami membantu dari sisi lain, untuk melengkapi kebutuhan warga, salah satunya adalah menyediakan sayuran”ungkapnya.

Menurutnya kondisi pandemi Covid-19 yang dirasakan warga menggerakkan relawan untuk berbuat sebisa dan semampu yang bisa dilakukan. Selain itu, juga membantu petani sayuran.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama, terutama dalam masa pandemi Covid-19. Kami terpanggil untuk berbuat sebisa dan semampu yang bisa kami dilakukan” katanya.

Dalam aksinya, relawan ini juga mengajak dan membuka kesempatan bagi warga lain untuk turut serta berbagi sayuran. Tidak hanya dalam bentuk dana, namun juga barang berupa sayuran.

Aksi ini mendapat apresiasi dari Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menurutnya apa yang dilakukan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

“Semoga aksi ini dapat menambah kekompakan antar sesama, semoga pandemi covid 19 ini bisa segera berkahir” harapnya.

Ia menjelaskan, gotong royong masyarakat ini merupakan bentuk gerakan gandeng gendong.

“Gerakan ini merupakan gerakan dari Yogya untuk Yogya kegiatan seperti rewalawan hijau, nglarisi tanggane juga akan dijalankan dan menjadi bentuk tahapan kebangkitan masyarakat kota Yogyakarta” jelasnya.