Sebanyak 9.911 KPM di 12 Kapanewon Terima BST APBD Kulon Progo

Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo melaunching Bantuan Sosial Tunai (BST). (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Wates-Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo melaunching Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid-19 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kulon Progo tahun 2020 di Kalurahan Srikayangan, Kapanewon Sentolo. Sebanyak 9.911 KPM di 12 Kapanewon se-Kulon Progo dilakukan secara serentak hari ini.

Launching BST kali ini melibatkan Bank BPD DIY sebagai mitra kerja penyaluran BST, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Adapun besaran BST per keluarga per bulan senilai Rp300 ribu, akan diberikan selama lima bulan yakni Juni, Juli dan Agustus, September dan Oktober tahun 2020, untuk Juli sampai Oktober dilakukan secara non tunai melalui rekening BPD DIY.

Dalam sambutanya, Bupati Sutedjo kegiatan ini dalam rangka pemberian Jaring Pengaman Sosial (JPS) berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dari APBD Kabupaten Kulon Progo kepada warga terdampak pandemi. Hal ini menunjukkan kepedulian dari Pemerintah Daerah kepada warga masyarakat yang terkena dampak pandemi Corona khususnya di kabupaten Kulon Progo.

“Kami menghimbau kepada seluruh KPM untuk mempergunakan uang bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokok, bukan untuk bersenang-senang atau membeli barang-barang yang bukan kebutuhan pokok,” ujar Sutedjo dalam press release yang diberikan oleh Pemkab Kulon Progo.

Sutedjo menambahkan agar seluruh masyarakat untuk menaati dan bekerjasama dengan pemerintah dengan mendukung berbagai imbauan yang dikeluarkan, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Apabila kita saling bekerjasama Insya Allah pandemi ini akan segera berakhir dan kita dapat segera memasuki era New Normal,” pungkasnya.

BST Berjalan Tertib

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Kulon Progo Fajar Gegana turut melakukan peninjauan penyaluran BST APBD Kulon Progo di lima Kapanewon yaitu Kalibawang, Samigaluh. Girimulyo, Nanggulan dan Kokap.

Wabup didampingi Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat dan SDM Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo Bambang Sutrisno, S.Sos., M.Si dan Ketua Dewan pengawas Perusahaan umum daerah (Perumda) Aneka Usaha Kulon Progo Ir.Bambang Tri Budi Harsono, MM.

Fajar Gegana mengatakan dibeberapa Kecamatan tersebut penyaluran BST berjalan tertib dan lancar dengan melibatkan unsur TNI, Polri dan Dinas terkait. Sasaran BST APBD Kulon Progo adalah melengkapi bantuan – bantuan yang sudah berjalan.

“Di lima Kapanewon berjalan dengan cukup baik dengan aturan jaga jarak, tidak menimbulkan kerumunan, menerapkan aturan mencuci tangan, pengecekan suhu, pakai masker semuanya sudah menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, Fajar Gegana juga menjelaskan terkait Era New Normal bukanlah kembali kepada kebiasaan lama, tetapi menciptakan kebiasaan baru yang sejalan dengan protap pencegahan perkembangan virus, seperti terbiasa sering mencuci tangan, menggunakan masker, mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan sebagainya.

Turut mendampingi dalam melaunching BST APBD Kulon Progo, Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati, Sekretaris Daerah (Sekda) Kulon Progo Ir.RM.Astungkoro,M.Hum, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( Dinsos PPPA) Kulon Progo Drs. Yohannes Irianta, M.Si, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo Drs.Ariyadi, Panewu dan perwakilan dari BPD DIY. MC Kulon Progo.

One thought on “Sebanyak 9.911 KPM di 12 Kapanewon Terima BST APBD Kulon Progo

Comments are closed.