Tanggal 10 Juni 2020, Perpustakaan Kota Yogyakarta Kembali Membuka Layanan Baca di Tempat

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta akan membuka kembali layanan baca ditempat kepada masyarakat setelah ditutup karena pendemi beberapa waktu lalu. (Foto: Pemkot Yogya)

Kotabaru-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta akan membuka kembali layanan baca ditempat kepada masyarakat setelah ditutup karena pendemi beberapa waktu lalu. Pelaksanaan layanan tersebut mulai dibuka pada tanggal 10 Juni 2020.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan dibukanya kembali layanan ditempat ini dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi perpustakaan sebagai sumber belajar, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mengatisipasi penyebaran covid-19.

Ia menjelaskan layanan di tempat ini akan dibuka di dua tempat yakni layanan perpustakaan Kotabaru dan Pevita (Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta) yang berada dijalan Jl. Mayjend Sutoyo No.32 Yogyakarta.

“Namun layanan baca ditempat ini ada beberapa ketentuan seperti keberadaan pengunjung dibatasi maksimal sejumlah 110 pengunjung di Kotabaru dan 51 pengunjung di Pevita” ungkapnya Rabu (9/6/2020).

Sedangkan, lanjutnya, layanan perpustakaan dibuka setiap hari Senin hingga hari Jumat, dari pukul 09.00 wib-15.00 wib.

“Pengunjung yang akan memanfaatkan layanan perpustakaan harus melaksanakan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, dan sebelum masuk akan di check suhu bahan terlebih dahulu dengan thermogun oleh petugas”jelasnya.

Ia menambahkan jika pihaknya juga telah menyiapkan tempat cuci tangan di beberapa titik. “Masyarakat juga diwajibkan menempati area tempat duduk yang berjarak dengan pengunjung lainnya” jelasnya

Ia mengungkapkan jika layanan terbatas tersebut setiap satu bulan akan ditinjau ulang seiring dengan kondisi yang ada.

“Jika kondisi semakin memungkinkan maka jam layanan akan semakin ditambah sekaligus jumlah pengunjung dapat semakin ditingkatkan” ungkapnya.