Optimalkan Peran Orang Tua dalam Pola Asuh Anak

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo saat menyapa kader PKK yang ada di Kecamatan Sleman. (Foto: Humas Sleman)

Godean-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo menyapa kader PKK yang ada di Kecamatan Sleman.

Dalam kunjungannya tersebut ia menyampaikan peran kader PKK dalam masa pandemi dan pasca covid-19 harus tetap berjalan.

“Sudah hampir 4 bulan kegiatan PKK berhenti total akibat covid19, maka harus segera digerakkan lagi agar pemantauan terhadap balita dan lansia tidak telat, namun tetap harus menerapkan protokol Kesehatan,” jelasnya di lokasi, Selasa (14/7/2020

Ia juga menyampaikan bahwasannya para ibu harus mendampingi anak-anak belajar secara daring (dalam jaringan) atau online. “Karena covid19, anak-anak jadi sekolah dari rumah dengan memanfaatkan gadged. Penggunaan gadget oleh anak-anak harus dipantau oleh orang tua agar penggunaan gadget memang digunakan untuk keperluan sekolah,” bebernya.

Bijak Dalam Menggunakan Medsos

Menurut istri orang nomor satu di Sleman ini, hampir semua orang membutuhkan media sosial untuk berkomunikasi, berjualan, dan belajar.

“Sekolah sekarang juga menerapkan sistem daring dan juga memanfaatkan sosial media. Kita sangat membutuhkan informasi ini,” katanya.

Namun disisi lain, lanjutnya, jika tidak hati-hati menggunakan medsos, akan membawa dampak buruk bagi penggunanya, tidak terkecuali anak-anak. “Peran orang tua dalam mendidik anak-anak termasuk dalam POKJA 1 dalam PKK,”katanya.

Ia mengungkapkan bahwa salah satu program Kelompok Kerja (Pokja) 1 adalah mengoptimalkan peran orang tua dalam menerapkan pola asuh anak dan remaja dalam keluarga dengan penuh cinta dan kasih sayang serta memberikan perlindungan terhadap anak.

“Maka dari itu sebagai Kader PKK harus mencontohkan hal yang baik kepada ibu-ibu lainnya terkait pola asuh anak,” harapnya.

Add Comment