BST Tahap 2 Kementrian Sosial Cair Hari Ini

Wakil Walikota Yogyakarta, yang juga merupakan ketua gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Yogya, Heroe Poerwadi saat meninjau langusung pendistribusian BST Kementrian Sosial di Kantor Pos Besar Yogyakarta. (Foto: Hanang Widiandhika)

Gondomanan-Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial RI tahap 2 untuk bulan Juli dan Agustus didistribusikan hari ini, Sabtu (22/8/2020) dan besok, Minggu (23/8/2020). Pendistribusian BST melalui kantor Pos besar Kota Yogyakarta.

Dalam pendistribusian BST ini didampingi langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta, yang juga merupakan ketua gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Yogya, Heroe Poerwadi.

Pada kesempatan tersebut Wawali mengatakan untuk BST akan dibagikan langsung selama dua hari, pada hari ini BST dibagikan untuk masyarakat yang bertempat tinggal di Kecamatan Kraton, Mantrijeron, Ngampilan, Tegalrejo, dan Pakualaman.

“Sementara untuk Kecamatan lainnya akan di bagikan pada besok Minggu, BST tahap 2 ini semua di salurkan melalui Kantor Pos besar yang ada di tiitk nol Kota Yogya ,” jelasnya di lokasi, Sabtu (22/8/2020).

Lanjut Wawali, dalam pemberian BST ini masyarakat mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu.

Turun 500an Penerima

Ia menjelaskan jika penerima bantuan tahap pertama dan tahap kedua ada perbedaan.

“Dibandingkan dengan tahap pertama turun sekitar 500an orang, itu karena ada yang kita verifikasi ulang, kita cleansing/bersihkan lagi dengan harapan yang tahap kedua ini bisa lebih baik lagi datanya,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut pihaknya menghimbau agar masyarakat menggunakan dana bantuan dari pusat tersebut untuk membeli bahan pokok selama pandemi covid 19.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan bantuan yang didapatkan untuk memebeli bahan pokok, jangan malah digunakan untuk membeli sepeda,” ucap wawali.

Ia pun menyarankan para penerima bantuan agar membelanjakan bantuan tersebut di warung-warung kecil yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.

“Ini penting agar tetangga sekitar roda perekonomiannya juga beruputar, warung warung yang selama pandemi ini tutup bisa buka kembali,” katanya.