Taman Pintar Yogyakarta Luncurkan Science Corner di YIA

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat meresmika ence Corner di Bandara YIA. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Wates-Pemerintah Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Manajemen Yogyakarta International Airport ( YIA) menghadirkan Sicience Corner di Bandara YIA. Science Corner yang berada di Gate I B ini diresmikan oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti yang disaksikan oleh Wakil Buptai Kulonprogo.

Pada kesempatan tersebut Walikota mengucapkan terima kasih kepada otoritas bandara Yogyakarta International Airport yang memberikan ruang di YIA untuk dijadikan sience corner.

“Berbicara science (ilmu pengetahuan) untuk jangka waktu ke depan ini memberikan bekal pengetahuan kepada siapa saja. Untuk itu Pemkot melalui Taman Pintar akan bertanggung jawab untuk mengisi dan mengupdate isi dari science corner ini,” bebernya di lokasi (11/8/2020).

Ia berharap kehadiran science corner di Bandara YIA memberi manfaat bagi pengguna layanan jasa bandara.

“Semoga kehadiran science corner di bandara YIA ini memberikan manfaat bagi pengguna layanan jasa bandara dan juga memberikan rasa aman, nyaman, termasuk nyaman tempatnya. Tempatnya juga bagus kok. Semoga siapa saja akan betah berada di science corner ini,” ujar haryadi Suyuti.

Kota Pendidikan

Sementara itu, General Manajer Angkasa Pura I Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Agus Pandu Purnama mengatakan jika Kota Yogyakarta dikenal dengan kota pendidikan. Melihat itu semua maka bandara YIA juga ingin menghadirkan kota pendidikan itu di bandara.

Pandu menambahkan Taman Pintar Yogyakarta merupakan sebuah ikon pendidikan Kota Yogya. “Untuk itu Manajemen YIA berkolaborasi dengan Taman Pintar untuk mewujudkan pelayanan kepada pengguna jasa bandara,” jelasnya.

Menurut Pandu kehadiran Science Corner membuat bandara YIA semakin Istimewa. “Karena baru satu satunya science corner ini berada di bandara yaitu di Bandara Yogyakarta Innternational Airport,” ujar Pandu.

Dirinya berharap ke depan kolaborasi dan sinerjitas antar semua pihak terus dibuka untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa khususnya di bandara YIA. Karena sinerjitas dijaman sekarang ini diperlukan.

“Harapan kedepannya tidak hanya ini, kami membuka kolaborasi, karena sinergisitas dijaman sekarang ini perlu, tidak bisa kita berdiri sendiri” tambahnya.

Bandara YIA juga akan bekerjasama dengan seluruh Dinas Koperasi dan UKM untuk berkolaborasi mengisi konten di bandara YIA.

Secara umum ada empat zona di Science Corner di YIA. Keempat zona itu terdiri dari : pertama adalah zona penyambutan meliputi step magic, LCD TV yang berisi info tentang Taman Pintar, quote, area foto, dan QR scan, zona kedua meliputi Ensiklotepi (E-Library) terdiri 4 unit computer, buku bacaan fisik, meja kursi baca dan santai. Zona ketigaadalah zona bermain diisi dengan permainan motorik kasar untuk anak usia 8 tahun kebawah, dan yang terakhir adalah zona sains, di dalam zona ini terdapat alat peraga sains, harpa tak berdawai, uji konsentrasi, dan cincin loncat.