Wakil Walikota Yogyakarta  Bersepeda dan Bagikan Masker

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat bersepeda bersama mengelilingi sudut Kota Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogya)

Jetis-Persiapan menghadapi New Normal, Wakil Walikota Yogyakarta yang juga merupakan ketua gugus tugas harian penanganan covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi bersepeda bersama dan berkeliling ke beberapa pasar dan tempat-tempat fasilitas umum (fasum) yang sering digunakan tempat berkumpulnya masyarakat.

Start dari Rumah Dinas Wakil Walikota menuju ke arah Kridosono, melewati Balaikota Yogyakarta dan menuju pasar Gedongkuing.

Usai meninjau pasar Gedongkuning, rombongan tersebut melanjutkan perjalanannya menuju ke arah XT Square menuju ke beberapa pasar seperti pasar Telo, Pasar Prawirotaman, dan finish di pasar Ngasem.

Dalam mengedukasi masyarakat terkait new normal, Wawali mengimbau kepada masyarakat agar dalam beraktifitas agar selalu menjalankan protokol kesehatan.

“Silahkan warga masyarakat melakukan aktifitas, namun harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Harus pakai masker, menjaga jarak, jaga kebersihan, sering cuci tangan dan tidak berkerumun,” tuturnya pagi ini Jumat (14/8/2020).

Sepeda dan Pariwisata

Ia menilai dengan maraknya orang besepeda sebenarnya sebuah potensi bagi dunia pariwisata, hanya saja, potensi tersebut baru bisa dimaksimalkan saat pandemi Covid-19  telah usai.

Ia berharap momentum bersepeda di tengah masyarakat setelah pandemi nanti bisa terus dibiasakan, dinikmati, dipelihara agar dapat berubah menjadi sebuah kebiasaan atau budaya baru di masyarakat.

“Kami sebenarnya sebelum pandemi covid-19 ini, sudah merancang jalur-jalur sepeda, ruang tunggu sepeda, dan bahkan merencanakan waktu-waktu khusus untuk bersepeda. Mungkin Sabtu dan Minggu jadi hari bersepeda ke depannya,” jelasnya.

Ia menjelaskan dalam new normal masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam beraktifitas, karena ini untuk menekan agar penyebaran Covid-19 bisa diputus mata rantainya.

Dalam kesempatan itu Wawali juga membagikan masker kepada para pedagang pasar tradisional serta warga masyarakat yang ada ditempat fasum tidak menggunakan masker.