5.100 Telur Untuk Warga Kelurahan Tegalrejo

BAZNAS Kota Yogyakarta berikan bantuan berupa 5100 telur ayam kampung kepada warga Kelurahan Tegalrejo, Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogya)

Tegalrejo-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk membantu warga kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Kali ini bantuan berupa 5100 telur ayam kampung dari PT. Widodo Makmur Unggas disalurkan BAZNAS Kota Yogyakarta kepada warga Kelurahan Tegalrejo, Yogyakarta.

Penyerahan 5100 butir telur ayam kampung tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta, Edi Muhammad, dan diikuti oleh Ketua BAZNAS Kota Yogyakarta, Syamsul Azhari.

Sebanyak 5100 butir telur tersebut akan didistribusikan ke 12 Rukun Warga (RW) dengan total 240 warga yang membutuhkan, 85 Anggota Linmas, Ibu-ibu Pemberdayaan Kesejaheraan Keluarga (PKK), dan organisasi kepemudaaan Karangtaruna yang berjumlah 10 orang.

Syamsul Azhari menjelaskan, BAZNAS dalam melakukan programnya selalu bekerjasama dengan pihak lain, baik swasta maupun pemerintah. Adapun yang paling banyak menopang kegiatan BAZNAS adalah pemerintah Kota Yogyakarta dengan pembayaran zakat, infak dan sedekah dari para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kegiatan pemberian 5100 butir telur ayam ini tidak lain adalah bagian dari program BAZNAS yang diamanatkan oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat, seperti di wilayah Tegalrejo, khususnya Kampung Sudagaran,” jelasnya.

Berkaitan dengan itu, Edi Muhhamad menerangkan bahwa program pemberian 5100 butir telur ayam ini merupakan bagian dari program yang bersinergi dari Pemerintah Kota (Pemkot) dengan BAZNAS. Sebenarnya ada juga beberapa relawan-relawan yang muncul dari kalangan masyarakat pada saat pandemi Covid-19 yang sampai saat ini dikawal oleh Pemkot Yogya, antara lain yaitu Relawan Sehat dan Dapur Balita yang sudah terbentuk di 14 kecamatan, 27 kelurahan dan di 44 kelompok.

“Itu merupakan bentuk kepedulian warga terhadap warganya, juga kepedulian dari pengusaha maupun pihak-pihak lain yang bersosial,” jelas Edi Muhammad.

Disalurkan ke Seluruh Warga

Sementara itu, Lurah Tegalrejo Juwariyah menuturkan, telur-telur yang diberikan BAZNAS ini nantinya akan disalurkan ke seluruh warga Tegalrejo yang membutuhkan.

“Jika dilihat dari bannernya itukan untuk kampung Sudagaran, tapi tadi saya sudah minta pada Baznas untuk dibagikan ke seluruh warga. Tidak hanya warga yang sudah dipilih Ketua RW dan Ketua RT saja yang nantinya akan diberikan telur. Jika telur-telur itu masih sisa nantinya akan kami distribusikan ke daerah pinggiran sungai Sudagaran, yaitu di RW 10, 11, dan 12, karena warga yang paling banyak kategori masyarakat menengah kebawahnya ada di daerah tersebut,” kata Juwariyah.

Add Comment