Pemkot Yogyakarta Distribusikan Bantuan Spesifik

Wakil Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Poerwati Soetji Heroe Poerwadi saat memberikan bantuan spesifik kepada salah satu perempuan di Kota Yogyakarta. (Foto: Hanang Widiandhika)

Umbulharjo-Dalam rangka pelaksanaan gerakan aksi berjarak di setiap daerah yang bertujuan untuk memastikan perempuan dan anak terpenuhi hak-haknya, Pemerintah Provinsi DIY bekerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarya dan PKK Kota Yogyakarta menyalurkan bantuan pemenuhan spesifik (kebutuhan gender) untuk ibu, anak, dan lansia.

Wakil ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Poerwati Soetji Heroe Poerwadi mengatakan masa covid-19 ini, banyak keluarga khususnya keluarga rentan miskin tentu akan fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar (sembako) dan mengabaikan pemenuhan kebutuhan spesifik.

“Apabila kebutuhan spesifik tersebut tidak terpenuhi, akan menganggu fungsi reproduksi dan tumbuh kembang. Untuk itu kebutuhan spesifik ini sangat penting,” katanya di gedung PKK, Kamis (3/9/2020).

Dibagi Tiga kelompok

Ia menjelaskan dalam bantuan tersebut dibagi menjadi 3 kelompok, yakni anak, perempuan, dan lansia, dan diberikan kepada 180 warga Kota Yogyakarta yang terdiri dari 60 anak, 60 perempuan dan 60 lansia perempuan.

“Untuk isi paket bantuannya tersebut adalah kebutuhan sehari hari seperti sabun antiseptik, sereal, kacang hijau, biskuit, susu, vitamin, shampo, sikat sigi, pasta gigi, dan pembalut (khusus perempuan),” katanya.

Ia berharap dengan adanya bantuan tersebut yang diberikan kepada anak, perempuan dan lansia yang terpapar covid-19, bisa bermanfaat membantu pemenuhan kebutuhan pokok.

“Kami harap paket pemenuhan kebutuhan spesifik ini meringankan beban penerima manfaat dalam situasi yang sulit ini,” harapnya.