Sukses Lampaui Target Sensus Penduduk, Pemkot Yogyakarta Raih Penghargaan

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat menerima penghargaan dari BPS Pusat. (Foto: Hanang Widiandhika)

Umbulharjo-Satu lagi penghargaan yang di raih oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, kali ini Pemkot Yogyakarta meraih penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) pusat atas prestasinya sebagai Kota dengan capaian Respond Rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti usai audensi BPS bersama Walikota bertempat di ruang kerjanya.

Kepala BPS Kota Yogya, Harjana, mengatakan bahwa pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 dirancang dalam dua tahap, yakni Sensus Penduduk secara online sudah dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 29 Mei 2020, sedangkan tahap kedua dilaksanakan sensus lanjutan dengan sistem wawancara mulai 1 hingga 30 September mendatang.

“Pelaksanaan sensus online sudah berakhir. Kota Yogya menjadi salah satu kota dengan response rate atau partisipasi masyarakat yang sukses melampaui target BPS Pusat,” ujarnya.

Sukseskan Sensus Penduduk

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga meminta dukungan Pemkot Yogyakarta beserta jajaran untuk menyukseskan sensus penduduk lanjutan yang tengah dilakukan. Dimana, pelaksanaan sensus yang dikemas secara mendatangi ke rumah dengan metode wawancara dikhususkan untuk mereka yang belum mencatatkan diri saat sensus online.

Ia menambahkan bahwa BPS dan Pemkot Yogya saat ini sedang melaksanakan koordinasi dalam rangka turut berpartisipasi penyediaan data pelaksanaan surve dampak Covid-19.

“Sehingga secara umum kita dapat mengetahui tanggapan masyarakat dan perilaku masyarakat selama Covid-19, serta bisa diketahui keinginan dan kebiasaan masyarakat di massa kehidupan era baru (new normal) sebagai langkah awal merancang kebijakan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Walikota Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada BPS dan seluruh masyarakat Kota Yogya yang telah ikut andil dalam pendataan dengan antusiasme yang tinggi.

“Tentunya sensus penduduk ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan bank data sebagai dasar dalam menentukan kebijakan dalam menciptakan kesejahteraan rakyat, terlebih di masa pandemi Covid-19” jelasnya.

Iapun mengingatkan kepada masyarakat yang belum melakukan sensus online masih bisa melakukan secara langsung dan meminta kepada petugas sensus untuk mendata.

“Untuk masyarakat Kota Yogya yang kemarin belum bisa melakukan sensus penduduk secara daring atau online masih bisa di layani dengan pendataan langsung oleh petugas,” ujarnya.

Add Comment