Adaptasi Prokes Covid-19, Jogjabike Perluas Wisata Bersepeda

Wisata Bersepeda Bersama Jogjabike, Jumat (30/10) yang diawawali dengan bersepeda bersama dari GAIA Cosmo Hotel sampai Plasma Nutfah Pisang. (FOTO: AGUNG RAHARDJA)

Umbulharjo-Wisata ke Jogja tetap aman dari Covid-19. Pelaku pariwisata di Kota Jogja telah beradaptasi dengan ancaman penularan Covid 19. Salah satunya Jogjabike yang memperluas layanan baru berupa Paket Wisata Bersepeda.

CEO Jogjabike M Aditya menjelaskan, pada usia tahun kedua ini, pihaknya mendapatkan tantangan berat. Pandemi Covid-19 menuntut Jogjabike untuk bisa berkreasi.

“Pandemi saat ini membuat sepeda semakin banyak diminati. Masyarakat menjadi lebih sadar terhadap kesehatan. Banyak juga warga masyarakat yang ingin refreshing ke obyek wisata dengan cara bersepeda. Ini yang kemudian kami lihat sebagai tantangan sekaligus peluang dan Jogjabike menjawabnya dengan cara Rebranding di ulang tahun kedua ini” kata Adit, sapaan akrabnya disela acara Wisata Bersepeda Bersama Jogjabike, Jumat (30/10) yang diawawali dengan bersepeda bersama dari GAIA Cosmo Hotel sampai Plasma Nutfah Pisang.

Wisata Bersepeda ke obyek wisata dengan melewati kampung-kampung atau sawah dikemas sebagai paket-paket wisata karena jogja kaya akan obyek wisata, kampung unik dan juga persawahan, lanjut Komisaris Utama Jogjabike Triyanto. Semoga bisa mengangkat kampung-kampung wisata sekaligus membantu mendatangkan wisatawan ke Jogja. “Kami harapkan pariwisata di Kota Jogja tetap bisa menjawab tantangan jaman,” katanya.

Hadir juga dalam acara diatas para pelaku pariwisata, mulai dari Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan Asosiasi Tour dan Travel Indonesia (ASITA), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI). Semoga kami bisa bersinergi dengan kawan-kawan pelaku wisata Jogja untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Jogja, sambung Triyanto.

Adapun untuk rute wisata bersepeda tersebut Start dimulai pukul 06.15 WIB dari GAIA Cosmo Hotel – Gudeg Pawon – Bakpia Kurnia Sari – Glagahsari – Celeban – Taman Wijaya Brata – Sentra Batik Jumputan – Batikan – Taman Siswa Ibu Pawiyatan – Surokarsan – Jembatan Kali Code – Keparakan – Museum Perjuangan – Ndalem Brontokusuman – RTHP Mergangsan – Sellie Coffe – Greenhost Hotel – Pasar Prawirotaman – Menukan – Pasar Telo – RSUD Wirosaban – Ki Ageng Pemanahan – Area Persawahan Giwangan – Mie Ayam Bu Tumini – Finish di Kebun Plasma Nutfah Pisang.

Wali Kota Haryadi Suyuti menyambut positif adanya layanan sepeda ke kampung-kampung wisata di Kota Jogja dan sekitarnya. Itu sebagai wujud tumapak ing jaman anyar. Tema dari HUT Kota Jogja tahun ini.

“Pariwisata di Kota Jogja harus bisa beradaptasi dengan perubahan jaman. Pedomani protokol kesehatan. Agar wisatawan bisa nyaman dan tidak khawatir. Karena semua orang mematuhi protokol kesehatan,” katanya.
Pada perayaan HUT Jogjabike ke-2 tahun ini, dilakukan Rebranding Jogjabike sebagai Penyedia Paket Wisata Bersepeda, menjelajah kampung, persawahan dan obyek wisata.

Menurut Walikota yang telah menjabat dua periode berjalan ini, bahwa siapapun yang ingin ke Jogja untuk bersepeda sudah ada pilihan paket wisata menarik dari Jogjabike.

Add Comment