Bersepeda Menyusuri Kampung di Kota Yogya

Para pesepeda samenjajal rute jajah kampung. (Foto: Hanang Widiandhika)

Gondokusuman-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus mengajak para pesepeda/goweser untuk mengekplor rute wisata sepeda Yogyakarta yang telah di resmikan beberapa minggu yang lalu, kali ini giliran rute Jajah Kampung 2 dengan jarak 6,52 km yang dimulai dari Museum TNI AD.

“Intinya kita ingin menumbuhkan UMKM atau destinasi yang selama ini belum dikenal. Dengan ini bisa dikenal dengan baik dan bisa lebih maju setelah dilalui wisatawan,” kata Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Jumat (16/10/2020).

Para pesepeda mulai berangkat dari museum TNI pukul 06.00 WIB, mereka langsung mengarah menuju jalan Cikditiro, Jalan Sagan, melewati Embung langensari, taman bakung, dan finish di makam Wijayabrata. Dalam rute ini disuguhkan sejuknya suasana di Embung Langensari, Taman Bakung, dan aneka kuliner di Kampung Nglitren.

Usai menyusuri rute tersebut, Walikota Yogyakarta juga berkesempatan memberikan hadiah bagi pemenang lomba desain logo nama klub dan jersey gowes kampung Kota Yogya. Pada kesempatan tersebut Walikota mengatakan tim juri perlombaan tersebut ada tiga yang terdiri dari Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, owner Dagadu, dan ketua asosiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMK).

Tingkatkan Ekonomi Warga

Menurutnya selain untuk meningkatkan perekonomian warga, bersepeda juga sangat baik untuk kesehatan dalam keadaan apa pun, terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

“Sepeda menjadi salah satu gaya hidup sehat yang begitu populer saat ini. Sepeda adalah salah satu olahraga yang mengasikkan,” jelasnya.

Namun demikian, ia mengingatkan dalam bersepeda masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, juga harus mematuhi rambu lalu lintas.

“Mulai dari kesiapan sepeda, menggunakan helm, memakai masker, menjaga jarak, tetap rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer sampai dengan mematuhi rambu lalu lintas, dan yang terpenting adalah terus memperbarui lokasi tujuan bersepeda,” tuturnya.

Add Comment