Walikota Yogyakarta Pimpin Apel Gelar Pasukan

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat memimpin gelar pasukan dalam rangka menghadi libur panjang dan cuti bersama pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang. (Foto: Hanang Widiandhika)

Umbulharjo-Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti sore ini memimpin gelar pasukan dalam rangka menghadapi libur panjang dan cuti bersama pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang.

DaIam kesempatan tersebut ia mengatakan kegiatan ini mempunyai makna strategis untuk memantapkan kesiapsiagaan dan koordinasi seluruh unsur masyarakat dan instansi terkait dalam menghadapi serta mengantisipasi segala hal-hal yang akan terjadi selama libur panjang dan cuti bersama besok.

“Kegiatan ini sangat penting dalam memberi gambaran rencana kesiapan personil dalam melaksanakan pengamanan umum dan penegakan protokol kesehatan selama liburan dan cuti bersama di Wilayah Kota Yogyakarta,” jelasnya di lapangan Balaikota Yogyakarta, Selasa (27/10/2020).

Selain itu, lanjutnya, juga sebagai bahan acuan bagi petugas selama melaksanakan pengamanan umum dan penegakan protokol kesehatan  selama liburan dan cuti bersama sehingga seluruh aktfitas masyarakat dapat berjalan lancar, tertib dan aman.

“Kita semua menyadari bahwa Kota Yogyakarta merupakan kota yang sangat istimewa dengan beragam predikat yang melekat di dalamnya. Dengan segala keramahan warganya, fasilitas yang ada, nuansa budaya yang sangat kental dan berbagai nilai-nilai adiluhung membuat siapapun berkunjung ke Kota Yogya,” katanya.

Oleh karenanya, tambahnya, menjadi kewajiban kita bersama agar dalam menghadapi liburan di masa pandemi ini masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan.

Tetap Disiplin Menjalankan Protokol Kesehatan

Walikota menegaskan jika masa liburan tidak berarti libur dan lalai dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat obyek wisata.

“Seluruh petugas agar memberikan himbauan kepada Masyarakat untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan serta penyebaran Covid-19 yaitu untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat  (PHB) terutama di Tempat-tempat Umum,” katanya.

Selain juga dengan memberikan tindakan berupa menegur dan membubarkan kerumunan masyarakat yang dapat berpotensi terjadi penyebaran Covid-19, atapun sanksi sosial jika diperlukan.

Pihaknyapun mengajak semua anggota personil untuk melayani masyarakat dengan sebaik mungkin, dengan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang datang ke Kota Yogyakarta.

“Saya berharap seluruh personil yang terlibat dalam apel siaga ini dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan penuh kesungguhan dan keihklasan serta totalitas di lapangan sehingga akan memberikan manfaat yang besar bagi terciptanya Yogyakarta yang Berhati Nyaman, ” harapnya.