Yogyakarta Raih Penghargaan 10 Kali WTP

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti didampingi Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat menerima penghagaan dari Kementerian Keuangan terkait raihan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). (Foto: Astama Izqi Winata)

Umbulharjo-Bertepatan dengan hari jadi Kota Yogyakarta ke 264 tahun, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan terkait raihan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan yang diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sepuluh kali berturut-turut.

Penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani tersebut diserahkan kepada Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Yogyakarta Istu Wahyudi, di Graha Pandawa Balai Kota.

Istu Wahyudi menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Yogyakarta yang 10 kali berturut-turun mendapat opini WTP. Menurutnya, capaian itu adalah bentuk konsistensi pada tata kelola keuangan yang akuntabel dan menjadi catatan sejarah luar biasa.

“Saya berharap capaian dari Pemerintah Kota Yogyakarta yang ke 10 kali berturut-turut raih WTP bisa jadi contoh bagi daerah lainnya, sekaligus menjadi kado di hari jadi Kota Yogyakarta yang ke 264 tahun,” ucap Istu.

Dikatakan, tidak semua pemerintah daerah mampu meraih penghargaan itu. Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki prestasi dalam menyusun laporan keuangan dari sisi perencanaan, pelaksanaan anggaran, dan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan.

Penghargaan WTP 10 Kali dari Kemenkeu diberikan kepada 25 Kementerian Negara atau Lembaga, 3 Provinsi, 8 Kota, dan 5 Kabupaten. Sementara Kota Yogyakarta telah mendapatkan opini WTP sebanyak 12 kali.

Sangat Berkesan

Dalam kesempatan yang sama Haryadi Suyuti mengaku terharu dengan torehan prestasi dari Pemerintah Pusat tersebut. Menurutnya ini sangat berkesan karena bersamaan dengan hari jadi Kota Yogyakarta ke 264 tahun.

“Penghargaan ini kami terima dengan penuh tanggung jawab, dan tentu meraih lebih mudah dari pada mempertahankan, ini adalah kado spesial dari Pemerintah Pusat untuk Kota Yogyakarta di hari jadi yang ke 264 tahun,” paparnya.

Selain melengkapi kebahagiaan dan kebangaan warga Kota Yogyakarta, dengan penghargaan itu menurutnya memicu semangat Pemkot untuk terus mengelola laporan keuangan dengan capaian WTP untuk tahun-tahun selanjutnya.

“Mohon ini bisa terus dijaga, untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dalam rangka mendorong kesejahteraan,” imbuhnya.

Penghargaan ini, dinilainya sebagai bukti bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta telah mampu menyajikan laporan dengan baik, artinya secara akuntabilitas sudah on the track tinggal dijaga dan dipertahankan.

Add Comment