Pojok Baca ‘Cindelaras’ Kini Hadir di Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko saat meresmikan pojok buku cindelaras di Lapas Perempuan Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogya)

Wirogunan-Guna melakukan pembinaan kepribadian warga binaan Lapas melalui kegiatan berbasis literasi, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta berkerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menyediakan pojok baca di area Lapas.

Pojok baca ini diberi nama “Cindelaras”, akronim dari Cintai Buku dengan Membaca Buku di Lapas Perempuan Yogyakarta.

Beberapa pilihan jenis bacaan tersedia di Pojok baca tersebut seperti buku agama, keterampilan, psikologi, novel, selain itu disediakan pula majalah-majalah dan tabloid-tabloid wanita.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta, Ade Agustina mengatakan jika pihaknya akan terus berkomitmen melakukan pembinaan kepada warga binaan lapas melalui kegiatan berbasis literasi.

“Untuk itu, kami mengajukan permohonan kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dalam bentuk penyediaan sarana membaca,” jelasnya, Selasa (17/11/2020).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan jika Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta akan membantu pengelolaan pojok baca ini dengan secara periodik dalam hal perbaruan koleksi bacaan.

Wahyu berharap dengan adanya pojok baca tersebut mampu meningkatkan minat baca warga binaan.

“Selain itu juga sebagai sumber referensi, mampu meningkatkan pengetahuan, sebagai sarana belajar maupun sarana rekreasi bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta,” harapnya.

Acara peresmian pojom baca ini disemarakkan pula dengan pertunjukan karya literasi para warga binaan, seperti pembacaan puisi dan cerita pendek, serta pertunjukan tari dan musik.

Add Comment