Sleman Juara Umum Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2020

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman berhasil meraih peringkat di sejumlah kategori dalam acara penganugerahan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2020 dari Kementerian Kesehatan RI. (Foto: Pemkab Sleman)

Gamping-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman berhasil meraih peringkat di sejumlah kategori dalam acara penganugerahan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2020 dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut diterima secara virtual oleh Plt. Asisten Sekretaris Daerah (Asekda) II Kabupaten Sleman, Budiharjo, beserta pimpinan OPD terkait, di Smart Room Dinas Kominfo Pemkab Sleman.

Penghargaan yang berhasil disabet Pemkab Sleman yaitu peringkat 3 kategori Teminal Sehat Tipe C, Teminal Condongcatur, Depok, Sleman. Selain itu, Sleman juga berhasil meraih sejumlah penghargaan pada kategori rumah makan, restoran, jasaboga dan sejenisnya yang sudah menjalankan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru.

Di antara rumah makan dan restoran binaan Pemkab Sleman yang berhasil meraih penghargaan pada kategori tersebut yakni PT. Sarina Vidi sebagai Peringkat ll dan CV. Shana Sejahtera di peringkat lll. Sementara untuk  juara l kategori Jasaboga Golongan A diraih Sari Dewi Catering, sedangkan kategori restoran hotel berhasil diraih Hotel Grand Cokro sebagai Juara ll. Dengan banyaknya kategori yang berhasil diraih Kabupaten Sleman tersebut, maka menurut Budiharjo Kabupaten Sleman berhak disebut sebagai juara umum.

“Secara umum Sleman boleh dikatakan sebagai Juara Umum”, ujar Budiharjo.

Apresiasi yang Tinggi

Ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada OPD dan semua pihak yang telah bekerja dengan baik sehingga mampu meraih sejumlah penghargaan. Ia berharap penghargaan ini menjadi semangat bagi seluruh stakeholder untuk terus meningkatkan kinerjanya, yang tujuannya tentu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sleman.

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, dalam sambutan virtualnya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Kesehatan Nasional ke-56, dengan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Ia menyebutkan pihaknya terus berkomitmen untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Maka menurutnya upaya ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kesehatan lingkungan di tempat dan fasilitas umum, seperti di Pelabuhan (Pelabuhan Laut dan Bandar Udara), Rumah Sakit/Fasyankes, dan Terminal serta Tempat Pengelolaan Pangan (TPP). Penyelenggaran kegiatan ini juga turut melibatkan lintas sektor, antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dll

Add Comment