UKDW Yogyakarta Rayakan Dies Natalis di Tengah Pandemi

Upacara Dies Natalis ke-58 UKDW oleh Rektor UKDW, Henry Feriadi. (Foto: Humas UKDW)

Gondokusuman-Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menapaki usia yang ke-58 pada tahun 2020. Dalam masa pandemi Covid-19 yang masih berkecamuk hingga saat ini, peringatan dilaksanakan secara sederhana dengan konsep daring dan mengusung tema “melibatkan diri dalam pemulihan keutuhan ciptaan”.

Dalam Upacara Dies Natalis ke-58 Duta Wacana Rektor UKDW, Henry Feriadi menyampaikan laporan perkembangan UKDW dalam kurun waktu 1 November 2019 hingga 31 Oktober 2020. Total mahasiswa baru yang diterima pada tahun 2020 ini adalah sebanyak 1.007 orang yang terdiri dari 839 mahasiswa program sarjana, 96 mahasiswa program profesi dokter, dan 72 mahasiswa program pascasarjana.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, menunjukkan masih banyak orang yang ingin melanjutkan kuliah di UKDW. “Meski mengalami penurunan jumlah penerimaan mahasiswa sekitar 8-10 persen dari tahun lalu, kita harus tetap bersyukur atas penyertaan Tuhan di tengah pandemi ini,” ungkapnya seperti release yang di terima Jogjadaily.com.

Pihaknya menjelaskan bahwa semasa pandemi ini, UKDW telah siap menerapkan metode pembelajaran jarak jauh dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu UKDW juga memperoleh banyak hibah dari DIKTI untuk melakukan inovasi dalam pengembangan akademik.

“Ditengah pandemi ini, kegiatan-kegiatan tetap dilaksanakan secara daring seperti pelaksanaan wisuda, pelantikan dokter, webinar, conference, workshop, orientasi kehidupan akademika (OKA), dan kegiatan-kegiatan pengembangan softskill mahasiswa,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa tetap dilaksakan secara daring dan luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “KKN alternatif sebagai adaptasi pandemi Covid-19 diikuti 618 mahasiswa dengan fokus pemberdayaan masyarakat, kewirausahaan, penerapan teknologi, dan karya inovatif,” katanya.

Torehkan Berbagai Prestasi

Dalam kesempatan tersebut ia mengungkapkan jika mahasiswa UKDW juga banyak menorehkan prestasi diajakng nasional maupun internasional.

“Seperti peringkat 4 AWS DeepRacer Women’s League ASEAN, juara 1 MEPandemic Competition, juara 2 & Best Paper Lomba Esai Nasional Screen, juara 2 Lomba Business Plan Edutainer Nusantara Fair, juara Favorit Indonesia Footwear Creative Competition, dan predikat 9 karya TA terbaik nasional untuk mahasiswa arsitektur UKDW,” terangnya.

Sementara itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V DIY Didi Achjari sangat  apresiasi terhadap UKDW yang telah terakreditasi A secara institusi dari BAN PT. Didi menyebutkan pandemi Covid-19 memaksa perguruan tinggi untuk melakukan adaptasi baru dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.

“Pandemi Covid-19 memaksa perguruan tinggi untuk bertransformasi dalam berbagai aspek, terlebih untuk mewujudkan program kampus merdeka belajar dan dalam menghadapi revolusi industry 4.0. UKDW diharapkan untuk terus memberikan inovasi dalam pelaksanaan Tri Dharma,” ujarnya.

Add Comment