Dinas Dalduk KB Kota Yogyakarta Beri Pelatihan Kelompok UPPKS

pelatihan untuk Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). (Foto: Pemkot Yogyakarta)

UmbulharjoDinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY melalui Dana Corporate Social Responsibility (CSR) mengadakan pelatihan untuk Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Berbagai pelatihan tersebut seperti pelatihan aneka olahan frozen food, pelatihan aneka makanan olahan berbahan lele, pelatihan aneka makanan berbahan dasar ikan lele dan ikan nila, serta pelatihan aneka snack.

Dalam sambutannya pada setiap pembukaan pelatihan di tiap tiap kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta, bagi Kelompok UPPKS,

Pelaksana tugas Dinas Dalduk KB Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto Raharjo, mengatakan pelatihan ini dimaksudkan agar setiap anggota UPPKS yang mendapatkan pelatihan ini diharapkan dapat menambah pendapatan keluarga sehingga bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan bagi anggota dan keluarganya.

Adapun beberapa Kelompok UPPKS yang mendapatkan pelatihan tersebut adalah UPPKS Sempulur dari Kecamatan Mantrijeron.

“Kelompok UPPKS ini mendapatkan pelatihan aneka makanan olahan berbahan ikan lele dan ikan nila antara lain membuat kue roll batik, puding fantasi, nugget lele, bakso lele, serta membuat aneka minuman antara lain minuman jahe bunga telang dan minuman berbahan lidah buaya,” katanya, Jumat (18/12/2020).

Olahan Frozen Food

Sementara untuk kelompok UPPKS Asri dari Kecamatan Tegalrejo mendapatkan pelatihan aneka olahan frozen food antara lain membuat nugget, ekado, dimsum, dan bitterbalen serta tahu bakso dan lumpia.

“Untuk pelatihan di 14 kecamatan hampir sama, diharapkan dapat menambah pendapatan keluarga sehingga bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan bagi anggota dan keluarganya,” jelasnya.

Pelatihan tersebut di fasilitasi oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Yogya. Peserta pelatihan UPPKS di tiap tiap kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta sangat antusias mengkuti pelatihan tersebut.