Minggu Ini Proyek Revitalisasi Tugu Pal Putih Selesai

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat meninjau proyek revitalisasi Tugu Pal Putih, Senin (7/12/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Jetis-Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi didampingi instansi terkait pagi ini meninjau proyek revitalisasi Tugu Pal Putih, pada kesempatan tersebut ia memastikan minggu ini semua kabel yang melintang di area tugu sudah di turunkan.

“Mereka (para pekerja) janji minggu ini selesai, tinggal finishing, dan merapikan beberapa bagian, hari selasa (8/12/2020) semua kabel listrik turun, hari kamis (10/12/2020) kabel telekomunikasi turun semua,” jelasnya di lokasi, Senin (7/12/2020).

Selain itu, pihaknya juga mengatakan jika beberapa tiang yang ada di area Tugu Pal Putih akan di hilangkan. “Beberapa tiang yang tidak perlu akan dibersihkan semua, sehingga di seputaran tugu tiangnya hanya ada beberapa, tidak seperti sekarang,” jelasnya.

Meski begitu, proyek revitalisasi Tugu Pal Putih tak luput mendapat beberapa catatan dari orang nomor dua di Kota Yogya tersebut.

“Ada sedikit catatan catatan yang masih kurang yang menyangkut fasilitas diluar kontrak, seperti penerangan Tugu bagian tengah, karena kita harus pakai penerangan jarak jauh untuk menyinari Tugu Pal Putih,” ungkapnya.

Saat ditanya tentang kualitas pengerjaan proyek tersebut, ketua gugus tugas penganganan Covid-19 Kota Yogya tersebut mengatakan jika kualitas pengerjaannya memuaskan.

“Untuk kualitas pengerjaan sudah bagus, tinggal tunggu finishingnya, kalau penyelesaian kasarnya sudah bagus, kita sepakat jika ada yang kurang rapi kita akan rapikan secepatnya,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan jika seluruh pedagang yang berjualan di area Tugu Pal Putih dan jalan Jendral Sudirman telah sepakat pindah.

“Sekarang seluruh pedagang yang ada disekitaran Tugu dan jalan Jendral Sudirman sudah sepakat pindah, dan parkir di sepanjang jalan Jendral Sudirman kita sudah bersihkan, tidak ada parkir lagi di sepanjang pedestrian,” katanya.

Menjadi Destinasi Baru

Wawali berharap dengan selesainya revitalisasi Tugu Pal Putih tersebut akan menjadikan Tugu sebagai salah satu destinasi wisata yang bermuara pada peningkatan geliat pariwisata di Kota Yogya.

“Tugu Pal Putih ini akan menjadi spot baru dan menjadi destinasi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota,” harapnya.

Kedepan ia akan membuat lahan parkir di area tersebut untuk menampung para wisatawan yang akan mengunjungi Tugu Pal Putih.

“Pekerjaan rumah kita nanti adalah menyediakan lahan parkir untuk para wisatawan karena kedepan jika kita sudah mulai membangun jalan Margoutomo otomatis tidak ada lahan parkir,” jelasnya.