Pemkot Yogyakarta Fokus Genjot Peningkatan Ekonomi Kampung

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat bersepeda melintasi perkampungan di KOta Yogya untuk mengenalkan berbagai potensi yang ada di wilayah tersebut, Jumat (11/12/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Gondomanan-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berusaha menggenjot peningkatan ekonomi kampung yang ada di Kota Yogya, berbagai carapun dilakukan untuk mengenalkan potensi-potensi yang ada di tiap-tiap kampung, salah satunya dengan rutin mengajak berbagai pihak untuk bersepeda mengelilingi perkampungan yang ada di Kota Yogya.

“Ini bagian dari upaya kita untuk mengkampanyekan hidup sehat dengan bersepada, selain itu momentum ini juga untuk mengenalkan potensi-potensi kampung kepada masyarakat sehingga kebangkitan ekonomi kampung di Kota Yogya bisa berjalan dengan cepat,” kata Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Jumat, (11/12/2020).

Para rombongan memulai rute sepeda tersebut dari kantor Bank BPD DIY Senopati, lalu menuju kearah utara melintasi pasar beringharjo, kemudian kearah titik nol kilometer dan melintasi jalan Ibu Ruswo, dan sempat beristirahat di pasar Prawirotaman.

Ketika sampai di pasar Prawirtaman, orang nomor dua di Kota Yogya tersebut juga sempat melihat kondisi pasar pasca diresmikannya bagunan pasar tersebut beberapa waktu lalu. Usai meninjau Wawali beserta rombongan melanjutkan perjalanannya menuju jalan Parangtritis, kemudian melewati jalan Menukan, Sisingamangaraja, dan finish di kantor BPD Kotagede.

Menuturnya dengan maraknya orang besepeda sebenarnya sebuah potensi bagi dunia pariwisata, hanya saja, potensi tersebut baru bisa dimaksimalkan saat pandemi Covid-19 telah usai.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat bersepeda melintasi perkampungan di KOta Yogya untuk mengenalkan berbagai potensi yang ada di wilayah tersebut, Jumat (11/12/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Pihaknya berharap momentum bersepeda di tengah masyarakat setelah pandemi nanti bisa terus dibiasakan, dinikmati, dipelihara agar dapat berubah menjadi sebuah kebiasaan atau budaya baru di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Wawali mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Yogya agar dalam bersepeda masyarakat juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Insya Allah setiap Jumat kami akan mengunjungi setiap kampung yang ada di Kota Yogya, serta megenalkan potensi yang dimilikimya, namun tak lupa semuanya harus dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan atau pakai hand sanitizer,” katanya yang juga sebagai ketua gugus tugas penanganan Covid-19 tersebut.