Pemkot Yogyakarta Raih Predikat Baik dalam Penerapan Sistem Merit tahun 2020

Ketua KASN, Agus Pramusinto saat menyerhkan hasil penilian sistem merit di bangsal Kepatihan, Kamis (3/12/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Danurejan-Pemerintah Kota Yogyakarta meraih predikat baik dalam penilaian penerapan sistem merit yang dilakukan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Prestasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KASN, Agus Pramusinto di bangsal Kepatihan, Kamis (3/12/2020).

Agus Pramusinto mengungkapkan apresiasinya atas pencapaian Pemerintah Kota Yogyakarta. Dalam penilaian tersebut Kota Yogyakarta mendapat kan nilai 287 dan indeks sistem meritnya adalah 0,70.

Ia mengungkapkan dari seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia yang ditetapkan dengan kategori baik baru ada 24, dan salah satunya adalah Kota Yogyakarta.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen dan pencapaian Pemerintah Kota Yogyakarta dalam penerapan sistem merit,” jelasnya.

Mewakili Walikota Yogyakarta, Asisten Umum Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana mengatakan jika penilaian tersebut sangat bermakna guna mewujudkan birokrasi yang lebih baik.

Menurutnya pada era sekarang negara dituntut untuk memberikan kontribusi agar dapat bersaing dengan negara berkembang dan negara maju.

“Pengembangan sumber daya aparatur yang baik akan memberikan keuntungan bagi suatu organisasi. Salah satu cara dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi aparatur agar meningkatkan kompetensi dan kualitas diri,” jelasnya.

Akan Segera di Tindaklanjuti

Ia pun menegaskan jika hasil penilaian dan rekomendasi dari KASN akan segera di tindaklanjuti.

“Kami jadikan sarana evaluasi agar kedepan penataan sistem merit semakin baik, semakin sempurna, mampu menempatkan SDM sesuai dengan tempatnya,”jelasnya.

Sebab, lanjutnya, kami menyadari sepenuhnya bahwa tuntutan penempatan ASN sesuai dengan potensi dan kompetensinya menjadi hal yang mutlak demi terselenggaranya pemerintahan dan pelayanan masyarakat secara optimal, oleh karenanya organisasi Pemerintahan harus dibangun dengan prinsip-prinsip Meritokrasi.

“Untuk itu guna mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kota Yogyakrta melalui UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKPP Kota Yogyakarta secara rutin menyelenggarakan penilaian kompetensi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan tetap menjaga kualitas hasil penilaiannya,” bebernya.

Ia berharap hasi evaluasi tersebut dapat meningkatkan semangat ASN dilingkungam Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menjawab aspirasi masyarakat.

“Marilah melalui meritokrasi kita bersama-sama memasuki babak baru pemerintahan yang lebih baik, mewujudkan birokorasi kelas dunia yang tanggap akan perubahan dan dinamika zaman.