Walikota Yogyakarta Tekankan Siswa Agar Mengikuti Ekstrakurikuler

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat meletakkan batu pertama pembangunan sarana olahraga indoor di SMAN 9 Yogyakarta, Minggu (13/12/2020). (Foto: Hanang Widiandhika)

Gondokusuman-Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menekankan kepada seluruh siswa di Kota Yogyakarta agar mengikuti minimal satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya, hal tersebut di ungkapkannya saat melakukan peletakan baru pertama pembagunan lapangan indoor SMAN 9 Yogyakarta, Minggu, (13/12/2020).

Menurutnya dengan mengikuti ekstrakulikuler di sekolah para siswa akan mendapatkan pendidikan karakter.

“Adapun metode atau cara agar kita dapat mengaplikasikan pendidikan karakter di sekolah salah satunya dapat diajarkan melalui kegiatan ekstrakulikuler di sekolah,” jelasnya di lokasi.

Walikota mengatakan peningkatan kualitas pendidikan ditentukan oleh banyak aspek yang meliputi manajemen sekolah, manajemen pendidikan, manajemen keuangan sekolah, sarana dan prasarana pendidikan.

“Pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian para peserta didik agar menjadi lebih baik,” katanya.

Dengan pendidikan karakter, lanjutnya anak-anak akan dituntun untuk mengembangkan kepribadiannya supaya anak-anak kita menjadi lebih baik.

“Dengan mempunyai karakter-karakter tersebut, diharapkan anak-anak kita bertumbuh menjadi generasi emas yang tangguh, cerdas, dan berkarakter,” jelasnya.

Menanamkan Pendidikan Karakter

Walikota berharap dengan terbangunanya fasilitas lapangan Indoor dan taman di SMAN 9 Yogyakarta dapat menjadi media atau sarana untuk menanamkan pendidikan karakter kepada para siswa.

“Melalui program kegiatan yang telah dirancang, dan dari sekolah ini dapat lahir manusia-manusia handal untuk membangun bangsa,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut pihaknya menghimbau agar dalam pembangunan fasilitas tersebut juga harus menerapkan protokol kesehatan.

“Semoga pandemi ini dapat segera berakhir dan kegiatan pembelajaran tatap muka bisa di selenggarakan kembali,” katanya.