Bupati Gunungkidul Launching E-Ticketing

Dinas Pariwisata Gunungkidul menerapkan e-ticketing atau akses pembayaran non tunai. (Foto: Pemkab Gunungkidul)

Wonosari-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul terus melakukan terobosan dan inovasi, kali ini di sektor pariwisata, sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik, efektif, dan efisien, Pemkab Gunungkidul melalui Dinas Pariwisata Gunungkidul menerapkan e-ticketing atau akses pembayaran non tunai.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan jika Pemkab Gunungkidul akan terus genjot sektor pariwisata di Gunungkidul agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)

“Pandemi covid-19 mejadi alasan ditundanya pemberlakuan e-ticketing yang akhirnya dapat dilaunching pada hari ini” katanya.

E-ticketing ini ada dua metode pemesanan atau pembayaran yaitu melalui QR Code, dengan cara scan barcode di Pos Retribusi atau tempat lain yang tersedia barcode, dan metode lain melalui virtual account, dengan cara pemesanan lewat Web http://ewisata.gunungkidulkab.go.id

Asti menambahkan bahwa layanan e-ticketing diberlakukan di semua pos retribusi dari pos retribusi pantai Baron sampai pantai Poktunggal, namun untuk sementara ini baru dilaksanakan di pos retribusi pantai Baron yang sudah benar-benar siap, selanjutnya akan dikembangkan lagi ke pos retribusi yang lain.

Disambut Baik

Pimpinan cabang BRI Syariah Yogyakarta, Fakhrurazi sangat mendukung program aplikasi virtual e-tiketing. “Dengan kerjasama ini menjadi moment yang sangat tepat dimasa pandemi covid-19, dimana interaksi akan lebih dapat diminimalisir persebaran virus melalui melalui transaksi virtual dibanding transaksi tunai,” katanya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan bahwa proses pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat dan daerah sebagai dampak Pandemi Covid-19 terus dilakukan dengan berbagai cara dan upaya.

“Agar kondisi segera pulih bahkan mengalami peningkatan. Pariwisata yang telah menjadi motor penggerak perekonomian dan pembangunan di Gunungkidul, memerankan posisi penting, karena keberadaannya berkaitan erat dengan berbagai sektor,” jelasnya.