Pemkab Gunungkidul Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Petugas sedang melakukan penyemprotan disinfektan (Foto: Pemkab Gunungkidul)

Wonosari-Berlakunya instruksi Bupati no. 443/0139 tentang pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM) yang efektif berlaku mulai tanggal 11 hingga 25 Januari 2021, Pemkab Gunungkidul bersama Kodim 0730/GK, Polres Gunungkidul, Tagana Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul melaksanakan pengasapan desinfektan guna meminimalisir paparan covid-19 semakin meluas di lingkungan masyarakat.

Personil dari TNI, Polres Gunungkidul dan Tagana Dinas Sosial sejumlah 50 orang disiapkan dalam kegiatan pengasapan desinfektan yang ditargetkan sejumlah titik di Kapanewon Wonosari.

Komandan kodim 0730/GK Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto menyampaikan bahwa kegiatan disinfektan ini sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 semakin meluas di masa berlakunya PTKM, kegiatan pengasapan disenfektan tidak menutup kemungkinan juga akan dilakukan di wilayah Kapanewon lain di luar Kapanewon Wonosari

“Sasaran pengasapan disinfektan ini menitik beratkan di fasilitas umum, perkantoran dan pemukiman warga. Diawali dari dusun Purbosari yang terdapat komplek pemukiman warga,” jelasnya.

Disiplin Terapkan Prokes

Selain itu juga dilakukan penyemprotan di Kantor Dinas Pertanian, Pengadilan Negeri, DP3AKBPMD, Sekretariat Pemkab, pusat perbelanjaan, serta perbankan.

“Strerilisasi desinfektan juga dilanjutkan di sepanjang ruas jalan MGR. Sugiopranoto dari Mako Polres Gunungkidul, kantor Samsat dan wilayah permukiman warga Dsun Gadungsari,” ungkapnya.

Ia berharap agar seluruh masyarakat meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan setidaknya dengan melakukan 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.