Wakil Walikota Lantik 121 Pejabat Fungsional Pemkot Yogyakarta

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat melantik 121 pejabat fungsional. (Foto: Hanang Widiandhika)

Umbulharjo-Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melantik 121 pejabat fungsional di lingkungan Pemerntah Kota Yogya yang terdiri dari 118 Kepala Sekolah, 1 Kepala UPT SKB Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, 1 Dokter utama RSUD, dan 1 Pengawas Pemerintahan Inspektorat.

Usai melantik, Wawali menjelaskan jika pelantikan tersebut merupakan amanah dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil serta PP Nomor 18 tentang Perangkat Daerah.

“Dimana kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya penyegaran organisasi dan memberikan bekal pengalaman bagi pejabat yang dilantik sekaligus bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai,” jelasnya di ruang Yudistira, Kamis (7/1/2020).

Tak lupa pihaknyapun berpesan kepada pejabat yang baru saja dilantik untuk senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab.

“Bersifat sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi,” katanya.

Selain itu juga harus mempunyai wawasan yang jauh kedepan serta mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik.

Tingkatkan Kinerja

Ia mengatakan tujuan terpenting dari tata pemerintahan baik adalah untuk meningkatkan kinerja yang birokrasi dan kinerja segenap PNS dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan.

Oleh karena itu, lanjutnya pelayanan birokrasi pemerintahan memerlukan aparatur yang memiliki komitmen kuat terhadap reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Hal ini mengharuskan kita semua sebagai aparatur pemerintahan untuk mengedepankan proses pelayanan yang cepat, akurat dan akuntabel,” katanya.

Namun, lanjutnya untuk mencapai semua itu tentunya dibutuhkan kerjasama dan koordinasi yang baik di semua lini.

“Seorang pemimpin yang baik adalah yang mampu menyusun strategi efektif guna tercapainya target kinerja antara lain dengan senantiasa mengawal pelaksanaan dari kebijakan yang telah ditetapkan,” katanya.

Wawali berharap para pejabat yang baru saja dilantik dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, serta segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

“Untuk para pejabat yang baru saja dilantik harus mampu membawa perbaikan dalam rangka mewujudkan good governance,” jelasnya.