Air Terjun Kedung Kandang Suguhkan Pemandangan yang Luar Biasa

Pemandangan yang disuguhkan air terjun kedung kandang Patuk, Gunungkidul. (Foto: Instagram.com/tri-priyanto)

Jika berkunjung ke kawasan Patuk Gunungkidul khususnya Desa Nglanggeran, pasti tidak asing dengan objek-objek wisata seperti gunung api purba Nglanggeran dan embung Nglanggeran. Namun siapa sangka, selain dua wisata alam yang sudah dikenal banyak orang tersebut ada wisata yang tersembunyi serta memiliki keindahan alam yang luar biasa, yaitu air terjun kedung kandang.

Lokasi air terjun kandang berada di dusun Gunung Butak, Desa Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun kedung kandang berada tidak jauh dari embung Nglanggeran dan gunung api purba Nglanggeran, sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan air terjun ini.

Namun jika Anda masih bingung di mana lokasi atau letak wisata ini, kami sarankan anda mencari dengan mengetik di search google maps saja. Di google maps sudah tertandai dimana lokasi air terjun kedung kandang ini.

Tebing-tebing batu vulkanik dan hamparan padi adalah ciri khas kawasan air terjun ini. Batuan di air terjun kedung kandang pun didominasi dengan batuan vulkanik khas gunung api purba Nglanggeran, ini karena memang letaknya tidak terlalu jauh dengan gunung api purba.

Karakteristik dari air terjun kedung kandang memang sedikit berbeda dengan kebanyakan air terjun pada umumnya. Memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan karakteristik bertingkat-tingkat. Panorama alam sekitar air terjun yang terdiri dari terasering persawahan yang hijau berpadu dengan air terjun menampilkan panorama yang menakjubkan bagi yang mengunjunginya.

Air terjun ini merupakan air terjun musiman, yaitu debit air akan berkurang saat musim kemarau dan akan besar saat musim hujan, jadi jika Anda ingin berkunjung, pilihlah waktu yang paling tepat agar tidak menyesal.

Jika wisatawan berkunjung pada musim kemarau jangan bersedih, walaupun air terjun kering saat musim kemarau namun wisatawan dapat melihat keindahan tebing yang terdiri dari batuan-batuan vulkanik yang saling bertumpuk.

Namun, saat musim hujan keadaan jalan akan licin dikarenakan akses menuju air terjun ini masih berupa tanah. Maka gunakanlah alas kaki yang yang sesuai untuk trekking dengan jalur yang licin.

Disini kita bisa secara langsung melihat para petani yang sedang menggarap sawahnya, karena memang air terjun ini membelah persawahan Bendo.

Untuk menuju air terjun ini, wisatawan harus melakukan trekking terlebih dahulu dengan jarak kurang lebih satu kilometer dengan rute naik turun bukit. Pada saat melakukan trekking kawan-kawan juga dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan indah, seperti berfoto di sekitar puncak ngekong atau di daerah persawahan.

Fasilitas yang Disediakan

Disini juga telah disediakan berbagai fasilitas seperti toilet, mushola, tempat sampah, penunjuk arah, dan gubuk untuk beristirahat, namun karena air terjun ini masih dikelola oleh Desa Wisata Nglanggeran bukan pihak swasta, fasilitas yang disediakan masih terbilang sederhana.

Kendati demikian, fasilitas yang biasa digunakan oleh warga desa sekitar membuat kawan-kawan merasakan secara asli bagaimana kehidupan dan perkakas asli khas pedesaan.

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi tempat ini juga harus bisa menjaga tempat ini, jangan merusak fasilitas, seperti mencoret-coret, memotong/menebang/merusak tanaman, pohon, dan tumbuh-tumbuhan yang ada.

Sebagai pengunjung suatu objek wisata sudah semestinya kita turut menjaga dan melestarikan alam maupun budaya setempat. Karena objek wisata yang terus-menerus dieksploitasi akan berkurang nilai keindahannya yang kemudian akan mengalami kerusakan lingkungan.

Jika lingkungan sudah rusak maka generasi di masa mendatang tidak akan lagi merasakan keindahan alam sebagaimana apa yang kita nikmati pada saat ini.

Wisata air terjun kedung kandang di Patuk Gunung Kidul Yogyakarta sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, maupun hari libur lainnya.