Digelar di AAU, Rapim TNI 2021 Virtual Wilayah Yogyakarta Bahas Pemulihan Ekonomi

Rapim TNI tahun 2021 secara virtual untuk wilayah Yogyakarta di ruang rapat Ksatrian Akademi Angkatan Udara (AAU), Selasa (16/2/2021). AAU

Pemulihan ekonomi menjadi pembahasan utama Rapat Pimpinan (Rapim) TNI tahun 2021 secara virtual untuk wilayah Yogyakarta di ruang rapat Ksatrian Akademi Angkatan Udara (AAU), Selasa (16/2/2021). Isu ekonomi bersanding dengan evaluasi penanganan pandemi Covid-19.

Acara dihadiri Gubernur AAU Marsda Nanang Santoso, Komandan Lanud Adisutjipto Marsma M. Yani Amirullah, Komandan Korem 072 PMK Brigjen Ibnu Bintang Setiawan, Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito Marsma dr. Swasono Rahayu.

Sehari sebelumnya, Senin (15/2/2021), Rapim TNI-Polri 2021 secara virtual dibuka oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Rapim TNI membahas beberapa agenda, di antaranya peningkatan sinergitas dan soliditas TNI-Polri dan operasi penegakan hukum, serta strategi TNI-Polri dalam mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Dengan mengangkat tema ‘TNI Kuat, Solid, Profesional, Dicintai Rakyat Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI’, sasaran yang ingin dicapai pada Rapim TNI kali ini yakni meningkatnya akuntabilitas kinerja TNI dan jajarannya dalam melaksanakan program kerja TNI tahun 2021, terutama program dan kegiatan prioritas tahun 2021.

Menurut Panglima TNI, pandemi Covid-19 bisa menjadi momentum untuk meninjau kembali kemampuan bio medika dan nubika TNI. Ia menyinggung ide pembangunan laboratorium di Pulau Galang dengan tingkat Bio Safety Level (BSL) III atau IV untuk mengembangbiakan virus beserta vaksinnya.

Marsekal Hadi menegaskan, Presiden telah memerintahkan TNI untuk membantu pendisiplinan protokol kesehatan dan pelaksanaan tracing, testing, dan treatment untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Saat pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat mikro, Presiden memerintahkan TNI menyiapkan vaksinator.

Rapim TNI AU

Kamis (18/2/2021), Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo membuka Rapat Pimpinan TNI AU Tahun 2021, di Auditorium IG Dewanto Denmabesau, Cilangkap, Jakarta Timur. Rapim TNI AU merupakan tindak lanjut dari dua Rapim sebelumnya, yaitu Rapim TNI-Polri dan Rapim TNI.

Rapim mengambil tema ‘TNI Angkatan Udara Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, dan Profesional, Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional’.

Para prajurit TNI AU diperintahkan untuk membantu pendisiplinan 3M, lalu juga pelaksanaan 3T. Selain itu, dalam rangka vaksinasi nasional khususnya, TNI AU menyiapkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator melalui aparat yang berada di kesatuan-kesatuan serta Lanud-Lanud melalui Babinpotdirga.

“TNI AU siap untuk mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” tandasnya.