Eks Kodim Bantul Dicanangkan Menjadi Ruang Terbuka Hijau

Bupati Bantul Suharsono saat menghadiri pencanangan pembangunan eks Kodim yang akan menjadi ruang terbuka hijau. PEMKAB BANTUL

Sewon-Pembangunan di wilayah Bantul saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bantul. Salah satunya adalah ruang terbuka hijau. Saat ini ruang terbuka hijau memang sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Salah satu manfaatnya adalah masyarakat dapat menghirup udara yang segar dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

Pencanangan pembangunan eks Kodim ini dihadiri juga Bupati Bantul Suharsono, Sekretaris Daerah Helmi Jamharis, Kasilog Korem 072/Pamungkas Kolonel Kav Eko Suryanto, Komandan Kodim 0729/Bantul Letkol INF Agus Indra Gunawan, Datasemen Zeni Bangunan Yogyakarta, Direktur Utama PT. Bank BPD DIY.

Pada kesempatan tersebut, Suharsono mengucapkan terima kasih dibangunnya aula Kodim dan ruang terbuka hijau kepada Kodim 0729/Bantul, Korem 072/Pmk, Kodam IV Diponegoro atas dukungannya dalam mewujudkan penyediaan ruang terbuka hijau sesuai UU No.26 tahun 2007 dengan memanfaatkan lahan eks Kodim Bantul.

“Ruang terbuka hijau ini nanti dapat digunakan oleh anak-anak muda untuk melakukan kegiatan olahraga semacam Skateboard, BMX, dan sepatu roda, selain itu ruang terbuka hijau ini juga bertujuan untuk mengurangi angka kenakalan remaja

Ia pun mengungkapkan jika pihaknya sangat mengetahui karakteristik para kaum milenial Bantul tersebut.

“Saya tahu persis bagaimana perilaku anak anak remaja di daerah Bantul, karena saya sendiri warga Bantul. Banyak anak anak remaja yang minum-minum oplosan dan bermain judi. Dengan adanya Ruang Terbuka Hijau ini nanti, anak anak muda nanti diharapkan melakukan kegiatan yang jauh lebih berpositif,” katanya.

Menambah Keasrian Ruang Publik

Sementara itu Helmi Jamharis menyampaikan bahwa pembangunan Aula Kodim Bantul dan ruang terbuka hijau ini sebenarnya sudah direncanakan tahun 2020, namun karena adanya prioritas untuk penanganan Covid 19, pembangunan baru bisa dilaksanakan pada tahun ini.

”Proses pembangunan ini telah dikoordinasikan dengan pihak Kodim, Korem dan Kodam IV Diponegoro, bahkan perizinannya sampai ke Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad)” imbuhnya

Ruang Terbuka Hijau yang berada di komplek Paseban ini juga nantinya akan menambahkan keasrian ruang publik yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai wahana hiburan untuk menyalurkan hobi atau sekadar mencari udara segar.

Dandim 0729 Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan mengatakan bahwa Kodim siap mendukung Pemda dalam rangka memajukan Bantul melalui program pembangunan Aula Kodim dan ruang terbuka hijau ini. Dandim juga akan memanfaatkan Aula Kodim tersebut dengan sebaik baiknya untuk membina prajurit Kodim 0729 Bantul terutama dalam menjaga kebugaran fisik prajurit

Add Comment