Genjot Belanja Online di Pasar Tradisional

Geliat pasar Beringharjo. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Layanan belanja kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional secara online terus ditingkatkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perdagangan Kota Yogya. Untuk itu program kerja sama layanan belanja online di pasar tradisional di Kota Yogyakarta dengan PT Gojek Indonesia tetap dilanjutkan pada tahun 2021. Termasuk program promo cashback belanja produk di pasar tradisional lewat Go-Shop dengan pembelanjaan minimal.

Program belanja online selama ini cukup mengungkit transaksi di pasar tradisional. Untuk itu kami tetap melanjutkan program belanja online di pasar-pasar tradisional.

Dalam promo program cashback belanja produk pasar di Go-shop selama periode 16 Oktober sampai 31 Desember 2020 transaksi belanja pasar mencapai sekitar Rp 174 juta dengan cashback tidak sampai Rp 20 juta.

Tercatat ada kenaikan pesanan 28 persen dan kenaikan omzet sekitar 25 persen selama periode promo berjalan. Saat itu ada program promo cashback atau potongan ongkos kirim senilai Rp 10.000 untuk tiap transaksi belanja pasar tradisional di Kota Yogyakarta di Go-Shop.

Dalam program promo cashback belanja pasar tradisional di Go-Shop juga akan terus kami sempurnakan, kami juga sedang memformulasikan sistem penyempurnaan program belanja pasar tradisional secara online.

Ini semua untuk mendorong kesadaran masyarakat untuk melakukan transaksi online. Kami juga akan terus melakukan edukasi ke para pedagang agar semakin percaya diri, dan tetap semangat di masa pandemi sehingga transaksi lebih ramai.

Selama promo cashback belanja online di pasar tradisional produk yang banyak dibeli masyarakat adalah sembako, bumbu dapur, makanan tradisional, bunga tabur dan daun pisang. Sedangkan pasar tradisional yang banyak diakses melalui belanja online Go-Shop yakni Pasar Kranggan, Pasar Pathuk, Pasar Demangan, Pasar Beringharjo dan Pasar Giwangan.

Dengan adanya program belanja online di pasar tradisional lewat Go-shop ini akan mempermudah dalam penjualan produk pasar secara online di masa pandemi Covid-19.

Meski transaksi dilakukan secara online, proses tawar menawar antara pedagang dengan pembeli masih bisa dilakukan karena disediakan fitur untuk melakukan proses tersebut. Ciri khas seperti itu akan terus kami pertahankan, proses tawar menawar antara penjual dengan pembeli harus tetap ada, inilah inovasi yang terus kami kembangkan sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Pasar Siaga Covid-19

Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta juga tak henti-hentinya melakukan upaya preventif untuk mengurangi penyebaran Covid-19 baik secara internal maupun eksternal. Upaya ini pun tak sia-sia, beberapa waktu lalu dua pasar tradisional di Kota Yogya berhasil memenangkan lomba pasar siaga covid-19 yang di gelar oleh Pemda DIY.

Dua pasar tersebut adalah pasar Beringharjo yang mendapatkan peringkat terbaik kedua dengan kategori pasar type A, dan pasar Gedongkuning mendapatkan peringkat terbaik pertama dengan kategori pasar type B.

Ada beberapa kebijakan internal dan eksternal yang kami berlakukan. Misalnya penyediaan antiseptik, sabun cuci tangan, hand sanitizer, dan pembersihan secara intensif di lokasi-lokasi yang sering disentuh pengunjung atau pedagang.

Tak sampai disitu, kami juga meminta lurah pasar mengecek kondisi sanitasi di tiap pasar, salah satunya wastafel untuk memastikan bahwa fasilitas tersebut berfungsi dengan baik sekaligus menyiapkan sabun cuci tangan.

Untuk pasar-pasar yang memiliki banyak pengunjung seperti pasar Beringharjo, Pathuk, Kranggan, dan Demangan, kami juga memberlakukan upaya pencegahan lebih, seperti penggunaan thermo gun untuk memastikan pengunjung pasar sedang demam atau tidak.

Kami juga meminta lurah pasar dan petugas keamanan di tiap pasar untuk rutin memberikan edukasi kepada pedagang terkait pentingnya menjaga kebersihan untuk mengantisipasi potensi penyebaran covid-19.

Add Comment