Pemkab Kulon Progo Gelar Pencanangan Vaksinisasi Covid-19 Tahap Pertama

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menggelar pencanangan Vaksinisasi Covid-19 tahap pertama di Auditorium RSUD Wates. (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Wates-Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menggelar pencanangan Vaksinisasi Covid-19 tahap pertama di Auditorium RSUD Wates.

Acara dibuka oleh Bupati Kulon Progo Sutedjo dan kegiatan pencanangan covid-19 ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan pembatasan jumlah kehadiran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Sri Budi Utami mengatakan bahwa pada tanggal 27 Januari 2021, Kabupaten Kulon Progo telah menerima 5.480 dosis vaksin dan cukup digunakan untuk dua dosis.

”Vaksinisai ini sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran dan penguatan seluruh masyarakat dengan memperkuat ketahanan tubuh,” kata Sri Budi.

Juru bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati menyampaikan bahwa vaksinisasi tahap pertama diberikan kepada 20 orang yang mewakili Kabupaten Kulon Progo.

Dari 20 orang yang direncanakan untuk melaksanakan vaksinisasi ada dua orang yang tidak memenuhi 16 kriteria pada saat screening kesehatan.

“Sebelum melaksanakan vaksinisasi, telah dilaksanakan screening terlebih dahulu. Saat ini kami memberikan vaksinisasi kepada 18 orang dari 20 sasaran yang direncanakan,” ujar Baning.

18 orang yang melaksanakan vaksinisasi diantaranya Asisten Sekda II Kulon Progo, Ketua DPRD Kulon Progo, Dandim 0731 Kulon Progo, Wakapolres Kulon Progo, Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, serta perwakilan tokoh yang lain dari tenaga kesehatan, tokoh agama meliputi Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Vaksinasi Warga Masyarakat

Kepada masyarakat Sutedjo menghimbau agar masyarakat bersiap menerima vaksin ketika tiba gilirannya mendapat vaksinisasi.

“Saya berharap masyarakat Kulon Progo siap menerima vaksin, agar kasus positif covid di Kulon Progo semakin berkurang dan kita terbebas dari pandemi covid-19 ini,” ujarnya.

Sutedjo menambahkan, menerima vaksin bukan berarti tidak akan terpapar covid-19 akan tetapi hanya menurunkan resiko yang muncul jika terpapar Covid-19.

“Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya untuk mencegah keparahan penderita sekaligus mencegah kematianakibat Covid-19. Oleh karena itu mari tetap terapkan protokol kesehatan secara ketat dimanapun berada,” pungkasnya.