Pronosutan View, Hamparan Sawah Instagramable di Nanggulan

Pronosutan view, salah satu destinasi wisata alam di Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo. (Foto: Instagram.com)

Yogyakarta memang tak pernah kehilangan daya tarik wisata. Bahkan, sawah biasa pun bisa jadi tempat wisata menarik yang patut dikunjungi.

Namanya Pronosutan view, hamparan persawahan tersebut terletak di Pronosutan Kembang, Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo.

Hamparan sawah ini sangat cantik karena terdapat jalanan beton sepanjang 1 km di tengahnya. Cocok untuk foto-foto.

Memang lokasi tersebut kerap menjadi tempat berswafoto baru, atau bisa sekedar untuk jalan-jalan dan bersepeda.

Dengan pemandangan hamparan sawah luas dengan latar belakang perbukitan Menoreh yang cantik, banyak wisatawan asal Yogyakarta atau daerah lain memilih bersepeda ke sana untuk melepas penat kehidupan kota.

Persawahan ini tak hanya jadi satu kesatuan yang indah, tapi juga begitu memanjakan mata. Ketika berpose di tengah hamparan hijau sawahnya, tak heran potret yang dihasilkan pun masuk dalam kategori Instagramable.

Selain pemandangannya yang menyegarkan, trek di sekitar Pronosutan View juga cocok untuk bersepeda.

Pronosutan view terletak sekitar 20 km dari pusat kota Yogyakarta. Tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta dan pas banget untuk seharian menghabiskan sisa hari di akhir pekan.

Rute paling enak menuju tempat ini adalah Tugu Yogyakarta langsung ke arah Barat, dan tidak perlu belok-belok lagi, setelah 20 kilometer kalian akan menemui jembatan sugai Progo.

Jika teleh menemukan jembatan tersebut nanti bakal kelihatan perempatan Nanggulan. Terus jalan lagi ke barat, jalurnya akan ke Pasar Kenteng.

Namun jika wisatawan masih bingung untuk menemukan hamparan sawah ini, wisatawan bica mencarinya di google maps, karena tempat ini sudah terdaftar. Para wisatawan hanya tinggal mengetik “Pronosutan view” dan anda akan dipandu menuju lokasi tersebut.

Jalur menuju tempat tersebut pun cukup aman dan bisa dilalui oleh mobil ataupun bus berukuran kecil dengan maksimal penumpang sekitar 30 orang. Jika lebih besar dari itu, sayangnya belum bisa karena akses jalan yang tidak terlalu luas.

lokasi sawah tersebut tidak dipungut biaya. Datang saat pagi hari ketika matahari baru terbit bakalan cantik banget suasananya.

Apalagi udaranya segar karena berada di pedesaan. Banyak pengunjung yang mengatakan jika Nanggulan adalah Ubudnya Jogja.

Namun datang ketika sore tak kalah cantiknya, karena pengunjung dapat menikmati sunset dan kopi hangat, serta jajahan khas ala pedesaan.

Tak hanya yang sengaja bersepeda, ada pula yang datang bersama orang-orang terkasih. Mereka mengabadikan momen saat berada di Pronosutan View berlatar belakang panorama menawan.

Untuk dapat menangkap lanskap Pronosutan view, sangat disarankan membawa drone dan kamera berkualitas baik. Drone dapat menangkap secara utuh lanskap Pronosutan View dari langit.

Sementara kamera berkualitas baik dapat mengabadikan momen terbaik kamu berlatar sawah hijau Pronosutan view, namun jika hanya sekedar ingin mengabadikan moment, menggunakan kamera pada ponselpun juga sudah cukup

Para wisatawan saat sedang berfoto menggunakan drone di Pronosutan view Kapanewon Nanggulan. (Foto: Hanang Widiandhika)

Makanan Khas Kulon Progo

Setelah puas berfoto-foto di tempat tersebut, para wisatawan tak perlu takut kelaparan, karena didekat Pronosutan view terdapat rumah makan yang menunya adalah jajanan khas pedesaan.

Di sekitar Pronosutan view terdapat banyak rumah makan seperti geblek pari, banyu bening, iwak kalen, dan kopi ampirono yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Kulonprogo.

Warga sekitar Pronosutan view juga menyediakan penyewaan sepeda bagi wisatawan yang tak membawa sepeda, tetapi ingin bersepeda santai di sekitar area wisata.

Tarifnya terjangkau yakni Rp 15.000 di jam pertama dan Rp 5.000 di jam kedua dan seterusnya. Namun, bonusnya para penyewa sepeda akan mendapatkan satu botol air mineral.