Saskia, Layanan Menarik Tiap Hari Sabtu Milik Perpustakaan Kota

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta miliki program seru tiap akhir pekan, progam ini mereka namakan Saskia. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Mantrijeron-Untuk menarik minat baca bagi para generasi muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta miliki program seru tiap akhir pekan, progam ini mereka namakan Saskia (Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta).

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan program Saskia merupakan salah satu layanan perpustakaan khususnya pada setiap hari Sabtu agar masyarakat mengunjungi perpustakaan.

“Khususnya pelajar tingkat dasar-menengah (SD-SLTP), bersama keluarga di sela hari libur akhir pekan mereka untuk mengunjungi perpustakaan,” katanya.

Nunun mengungkapkan jika banyak siswa yang merasakan kebingungan untuk mengisi waktu luang di hari liburnya, apalagi di masa pandemi.

“layanan Saskia ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca di kalangan siswa-siswi usia SD dan SLTP saat waktu luang atau libur sekolah dengan aktivitas literasi berbasis perpustakaan,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini merupakan sarana interaksi antara pustakawan dengan pemustaka untuk memberikan bimbingan, promosi, story telling, dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini diadakan untuk menyapa pemustaka cilik yang memanfaatkan hari libur dengan berkunjung ke perpustakaan dan mereka akan diberi apresiasi berupa merchandise menarik,” katanya.

Nunun menuturkan selama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro) layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta (Kotabaru) dan Pevita pada akhir pekan dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Meski dibuka pada akhir pekan, pihaknya menegaskan jika protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat. Nunun menjelaskan jika selama pandemi Covid-19 kuota pengunjung di dua perpustakaan tersebut dibatasi, yakni di Pevita 35 pengunjung dan di Perpustakaan Kotabaru 55 pengunjung

Sementara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di area perpustakaan, pihaknya juga kerap melakukan sterilisasi terhadap seluruh sarana dan prasarana pustaka.

Salah satu siswa yang kerap menggunakan layanan Saskia ini adalah Syafia Fahrunnissa. Siswa kelas 3 SD Minggiran tersebut sering mengunjungi perpustakaan pevita pada hari Sabtu.

“Saya biasanya datang sendiri atau kadang bersama teman, sering ke perpustakaan pevita karena dekat dengan rumah, rumah saya di daerah Minggiran,” jelasnya.

Syafia mengatakan jika buku yang paling ia baca adalah buku KKPK (Kecil Kecil Punya Karya).