Tanam Bibit Pohon Dukung Pengembangan Kawasan Agrowisata Embung Blubuk

Bupati Kulon Progo, Sutedjo didampingi Wakil Bupati, Fajar Gegana melakukan penanaman 300 bibit pohon buah di area Embung Blubuk. (Foto: Pemkab Kulonprogo)

Pengasih-Bupati Kulon Progo, Sutedjo didampingi Wakil Bupati, Fajar Gegana melakukan penanaman 300 bibit pohon buah di area Embung Blubuk untuk mendukung pengembangan kawasan Agrowisata Embung Blubuk di Padukuhan Blubuk Kalurahan Sendangsari. Acara ini diselenggarakan oleh Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK).

Ketua PWK, Asrul Sani mengatakan kegiatan penanaman 50 bibit pohon jambu Kristal, 200 bibit pohon jambu Dalhari dan 50 bibit Sengon dalam rangka peringatan HPN 2021 pada 9 Februari 2021.

“Ini merupakan wujud nyata pengurus dan anggota PWK dalam mendukung pengembangan Kawasan Agrowisata Embung Blubuk sekaligus sebagai upaya pencegahan bencana tanah longsor saat musim penghujan,” jelasnya

Destinasi Pariwisata Baru

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian para wartawan Kulon Progo, agar kawasan Embung Blubuk semakin hijau, asri, dan semakin dikenal oleh masyarakat luas dengan agro wisatanya. Serta dalam rangka mendukung upaya pengembangan agro wisata di sekitar Embung Blubuk.

“Embung Blubuk ini sebenarnya sudah ada sejak 2015, awal pembangunan embung ini adalah untuk pengairan cetak sawah baru, khususnya di Padukuhan Blubuk, yang nantinya sumber air berasal dari Embung Blubuk ini, namun kegiatan cetak sawah baru, pada 2020 harus gagal karena adanya pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sutedjo berharap kawasan Embung Blubuk ini dapat dikembangkan menjadi salah satu kawasan wisata yang menarik di Kulon Progo dengan menciptakan inovasi dan kreasi, agar tempat ini menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi.

“Untuk mengoptimalkan potensi yang ada, penataan harus terus dilakukan di kawasan ini sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Dukungan, kolaborasi dari berbagai pihak Pemkab, OPD dan media massa semoga kawasan Agrowisata Embung Blubuk dapat dikenal masyarakat luas kemudian berkembang dan menjadi agrowisata unggulan yang ramai dikunjungi wisatawan.

Add Comment