Walikota Kukuhkan Syamsul Azhari sebagai Pimpinan Baznas Kota Yogyakarta

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Syamsul Azhari sebagai pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta periode 2021-2026. (Foto: Hanang Widiandhika)

Umbulharjo-Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Syamsul Azhari sebagai pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta periode 2021-2026. Pimpinan Baznas tersebut diharapkan dapat melaksanakan dan mengembangkan program-program terdahulu agar menjadi lebih baik lagi.

Usai pelantikan, Walikota mengungkapkan bahwa kekuatan dan ruh lembaga pengelola zakat terletak pada kesungguhan dalam melayani, melindungi dan menyelamatkan kaum fakir miskin.

“Maka cara pandang organisasi pengelola zakat dalam pengembangan program pendayagunaan zakat, hendaknya selalu memperhatikan secara obyektif kebutuhan hidup mustahiq yang perlu dibantu dan diberdayakan,” jelasnya di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, Selasa (16/2/2021).

Data survei penduduk tahun 2020 mencatat 83,59 persen atau 345.520 orang di Kota Yogyakarta memeluk agama Islam. Angka tersebut merupakan besaran yang potensial untuk menggerakkan perekonomian umat, baik melalui zakat, infak, maupun sedekah.

“Dari jumlah penduduk beragama Islam,kita memperoleh kalkulasi potensi penerimaan zakat, infak, dan sedekah sebesar 21 miliar pertahun. Kita mengelola 30 persennya atau sekitar 6 milyar rupiah dari jumlah total potensi tiap tahunnya,” katanya.

Sementara itu, lanjutnya, 70 persen lainnya atau sekitar 15 miliar rupiah dikelola oleh LembagaA mil Zakat (LAZ) lain.

“Tentunya jumlah ini dapatkita kejar lebih baik serta optimal lagi dengan memanfaatkan program-program unggulan seperti Jogja taqwa, Jogja sejahtera, Jogja peduli, Jogja cerdas, serta Jogja sehat,” katanya.

Laporan Rutin dan Transparan

Pihaknya menegaskan agar Baznas Kota Yogya secara rutin dan transparan dalam menginformasikan kepada masyarakat penerimaan zakat, infaq dan shadaqah serta pendistribusiannya, terlepas dari banyak atau sedikit dana yang terkumpul.

“Semoga Baznas juga dapat membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan mendekatkan jarak antara golongan kaya dengan golongan lemah dan kurang beruntung secara ekonomi, sehingga kesejahteraan umat akan tercapai,”ujarnya.