Destinasi Wisata Baru di Kali Opak Tujuh Bulan

Pemandangan di desa wisata Kali Opak Tujuh Bulan. (Foto: Dwi Sutariyanto)

Yogyakarta tak henti-hentinya menawarkan destinasi yang menawan. Berada Dusun Dalem, Desa Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Sleman, tempat yang bertajuk desa wisata ini tergolong masih baru sejak September 2018 lalu.

Meski demikian, destinasi yang diberi nama Desa wisata Kali Opak Tujuh Bulan ini sudah menarik banyak pengunjung. Selain pemandangan asri dan alami, banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan di sini

Kali Opak Tujuh Bulan ini merupakan destinasi wisata alam yang wajib kalian datangi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Selain menawarkan pesona alam yang eksotis dan memukau, tempat ini juga menyuguhkan sejumlah spot foto instagramable, di sini juga cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota, karena kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang begitu alami yang akan membuat pikiranmu kembali segar.

Untuk sampai lokasi ini, waktu yang kamu tempuh sekitar 50 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 19,9 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Akses menuju lokasi terbilang cukup baik.

Sebelum dikenal sebagai destinasi wisata, tempat ini dimanfaatkan warga setempat sebagai pertambangan pasir dan batu. Kini, berubah wajah menjadi tempat kekinian yang tengah digandrungi banyak kalangan.

Kawasan desa wisata ini memang luas. Selain sungai Opak yang panjang membentang, terdapat spot-spot seru untuk sekedar bersantai atau menikmati pemandangan alam yang masih asri. Di pinggir sungai terdapat beberapa gazebo yang bisa pengunjung gunakan untuk sekedar bersantai sambil bercengkrama.

Selain menawarkan pemandangan nan alami, desa wisata ini juga terdapat instalasi rotan. Bentuknya bulat dengan ukuran besar yang berjumlah tujuh. Ketujuh instalasi inilah yang menjadi ikon desa wisata Kali Opak Tujuh Bulan.

Ketika menjelang malam, rotan tersebut akan terlihat menyala sehingga keberadaannya menyerupai bulan.

Omah teh Kalasan menawarkan sensasi meracik sendiri minuman teh. (Foto: Haries Suedibyo)

Omah Teh kalasan

Selain desa wisata Kali Opak Tujuh Bulan, di Kapanewon Kalasan juga ada tempat menawarkan sensasi meracik sendiri minuman teh. Tempat ini yang berlokasi di Dusun Somodaran, Kalasan ini adalah omah teh Kalasan.

Omah teh ini adalah sebuah kedai teh dimana kita bisa menikmati sensasi menikmati teh dengan cara berbeda. Disini, kita menikmati berbagai jenis teh lokal buatan Tegal atau Slawi, dan bisa melihat peracik teh, membuat teh tubruk untuk kita. Pengunjung juga dibebaskan untuk meracik teh nya sendiri.

Ukuran kedai ini cukup mungil dengan dinding merah dan dihiasi dua lukisan besar menutupi dinding. Ada beberapa kursi kayu bak sedang berada di ruang tamu seorang kerabat di desa.

Di halaman luar ada pendopo dan dua buah gazebo untuk duduk-duduk santai menikmati pemandangan sawah. Betul-betul suasana desa terasa, nyaman dan tentram. Berbagai fasilitas publik juga telah disediakan disini, seperti toilet dan mushola.

Selain tersedia berbagai aneka teh, tempat ini juga memiliki hidangan khas pedesaan seperti ubi dan pisang rebus. Kacang rebus yang hangat. Tak lupa, teh poci dengan gula batu yang panas dan kental.

Pocinya terbuat dari tanah liat, yang sudah direndam selama satu minggu dan direbus, agar pori-pori poci tanah liat terbuka.

Disini, kita merasakan nikmatnya duduk-duduk menikmati teh sambil ngobrol dan menghayati pemandangan alam. omah teh Kalasan ini juga menyediakan paket wisata unik bagi para pengunjung.

Pengunjung bisa menikmati teh dan wisata Kalasan dalam satu paket wisata, yaitu bisa minum teh racikan khusus, lalu naik gerobak wisata dengan rute menyusuri pedesaan somodaran, mampir di Candi Sambisari lalu kembali ke omah teh.