Gemerlap Bukit Bintang

Dari bukit Bintang, pengunjung bisa melihat landscape Kota Yogya. (Foto: Muhamad Ismed Ismail)

Jika berbicara tentang wisata malam di Yogyakarta, tempat satu ini memang tidak boleh terlewatkan. Berada di perbukitan Patuk Gunungkidul, bukit Hargodumilah atau yang lebih populer dengan sebutan bukit Bintang ini memang tidak salah jika menjadi primadona para pecinta wisata malam Yogyakarta.

Ketinggiannya kurang lebih 150 mdpl. Sedangkan gardu pandangnya bisa mencapai Gunung Merapi di utara dan Gunung Merbabu di barat Yogya. Tempat ini layaknya lereng Gunungkidul yang berada di selatan Yogyakarta yang bisa menjadi tempat melihat pemandangan kota dari timur ke barat.

Bukit Bintang sangat mudah dijangkau karena lokasinya yang berada di pinggir jalan utama Yogyakarta-Wonosari, tepatnya di kawasan Piyungan sebelum Kemantren Patuk.

Kondisi jalan relatif bagus dengan track yang berkelok kelok dan menanjak pada beberapa bagian. Sehingga sebaiknya tidak menggunakan kendaraan yang memang kondisinya sehat.

Apabila mengemudi, Anda harus berpengalaman karena Jalan Wonosari adalah jalan utama yang dilintasi Bus dan kendaraan besar lainnya meskipun menanjak.

Awal mulanya di sini ada bangunan yang berfungsi sebagai tempat istirahat orang yang melintas. Bangunan dari beton yang memanjang ini berdiri pada tahun 2004. Lalu pada tahun 2006 terjadi bencana gempa yang merusak pemukiman penduduk.

Penduduk yang terdampak bencana gempa, mendirikan bangunan di atas bukit ini. Lambat laun semakin banyak yang mendirikan warung/kedai kopi di tempat ini. Semula bukit yang sepi ini kini berubah menjadi tempat wisata malam yang ramai.

Namun sekarang berbagai fasilitas seperti tempat makan dengan konsep outdoor, parkir, dan toilet sudah dibangun untuk membuat pengunjung yang datang semakin nyaman.

Dari bukit Bintang, pengunjung bisa melihat landscape Kota Yogya, landasan pacu Adisucipto, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu tanpa terhalang apapun. Apabila datang pada sore hari, jika beruntung dan cuaca sedang cerah, pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset yang sangat indah di ufuk barat.

Pada malam hari, kerlap-kerlip lampu seperti cahaya bintang dari kota di bawah bukit akan menghangatkan suasana di dinginnya cuaca Yogya saat malam hari. Karena itu juga, tidak heran jika tempat ini dinamakan bukit Bintang.

Bukit Bintang menjadi tempat favorit para muda-mudi untuk bercengkrama bersama kerabat, teman, kekasih sambil menikmati hangatnya kopi dan teh, jangan lupa dengan jagung bakar yang semakin melengkapi kebersamaan pada malam hari.

Di sini juga terdapat bermacam penganan khas daerah dingin pada umumnya. Selain kopi dan teh, disini mulai dari wedang jahe, bandrek, jagung bakar, dan lainnya. Harganya cukup terjangkau dan tentunya ramah di kantong. Hidangan murah nan nikmat ini tersedia di kedai atau restoran yang berjejer di sepanjang lokasi.

Bukit bintang juga menjadi tempat persinggahan favorit bagi para wisatawan yang baru menghabiskan liburannya di Gunungkidul.

Di sekitar kawasan wisata ini tersedia beberapa penginapan dengan tarif bervariasi. Sementara bagi yang ingin mendapatkan kenyamanan lebih bisa memilih penginapan bertipe hotel. Hotel ini pun menyediakan spot untuk berfoto.

Biasanya para wisatawan tersebut menghabiskan dari siang-sore berwisata di Gunungkidul, saat perjalanan pulang menjelang malam hari, mereka singgah sebentar di Bukit Bintang untuk sekedar menikmati keindahan kerlap-kerlip Kota Yogyakarta di malam hari.

Selama pandemi Covid-19, kawasan ini telah menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat sekitar telah menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan diwajibkan memakai masker masker.

Tidak seperti tempat wisata lain yang memungut tiket masuk untuk memasuki kawasan, harga tiket Bukit Bintang ini adalah gratis. Pengunjung sama sekali tidak dikenakan tarif untuk memasuki kawasan ini. Jadi jika kita ingin melihat pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian, dapat dinikmati sepenuhnya dengan gratis, tanpa mengeluarkan biaya masuk sepeserpun.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat ini yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburanmu. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama keluarga ataupun teman-teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan seperti sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik. Siapkanlah fisik dan kendaraan Anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati-hati.