LKPD TA 2020 Pemkab Kulon Progo Raih Opini WTP

Bupati Kulon Progo, Sutedjo saat menerima penghargaan opini WTP dari BPK RI perwakilan DIY. PEMKAB KULON PROGO

Wates-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran (TA) 2020 dengan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dengan prestasi tersebut Pemkab Kulon Progo meraih Opini WTP sebanyak 8 kali berturut-turut.

Acara penyerahan LHP yang bertempat di Kantor BPK Perwakilan DIY dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPK Wilayah DIY, Bupati Kulon Progo beserta perangkat daerah di lingkungan Kabupaten Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan terima kasih pada BPK Perwakilan DIY atas opini yang diberikan kepada Kabupaten Kulon Progo.

“Serta pada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga DPRD terima kasih atas kerja kerasnya dan jalinan kemitraan yang baik selama ini, sehingga Opini WTP bisa kita raih lagi,” jelasnya.

Menurutnya Opini WTP merupakan prestasi bersama antara eksekutif dan legislatif. “Alhamdulillah, laporan Keuangan Pemkab Kabupaten Kulon Progo TA2020 mendapat opini WTP,’” ujar Sutedjo.

Pada kesempatan tersebut Sutedjo mengajak semua OPD dan lembaga Dewan untuk terus menjaga spirit kemitraan dan kinerja yang baik pada masa-masa mendatang.

“Untuk kemajuan pembangunan wilayah dan kesejahteraan rakyat Kulon Progo serta akuntabelnya laporan diperlukan komitmen bersama dalam upaya mempertahankan Opini WTP,” tegasnya.

Pertahankan Prestasi

Sementara itu, Ketua DPRD Kulon Progo, Akhid Nuryati mengapresiasi prestasi yang dicapai Pemkab Kulon Progo tersebut. Ia mengungkapkan bahwa meraih Opini WTP merupakan kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama yang solid yang dilakukan eksekutif dan legislatif.

“Kami berharap opini terbaik ini dapat dipertahankan untuk tahun anggaran 2021 dan tahun-tahun berikutnya,”ujarnya.

Meski BPK menilai penyelenggaraan tata kelola pemerintahan Kabupaten Kulon Progo sesuai prinsip akuntansi yang berlaku secara baik, tapi pasti ada beberapa temuan, walau temuan kemudian tidak mempengaruhi hasil WTP.

“Dari beberapa temuan tentu DPRD Kulon Progo berharap segera ditindak lanjuti oleh Bupati dan jajarannya. Kami di DPRD akan mengawal dan selalu bekerja sama dalam kerangka perbaikan tata kelola pemerintahan Kabupaten Kulon Progo.

“Sëlamat atas prestasi Pemkab Kulon Progo meraih Opini WTP 8 kali berturut-turut,” katanya.