Pelatihan Digital Marketing KSM Salakan Bersemi

Pelatihan digital marketing untuk warga di Dusun Mayungan, Salakan Potorono Banguntapan Bantul. KAPANEWON BANGUNTAPAN

Permasalahan lingkungan terus menjadi sorotan berbagai pihak. Khususnya masalah sampah yang masih menjadi pekerjaan rumah besar di sejumlah daerah.

Banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari keberadaan sampah jika tidak dikelola dengan baik. Bahkan keberadaan sampah juga bisa menjadi pemicu bencana banjir di beberapa daerah.

Meski banyak dampak negatif terkait keberadaan sampah, namun fakta di lapangan, belum banyak masyarakat yang paham cara mengelola sampah dengan baik. Termasuk tentang Reuse, Reduce dan Recycle (3R).

Melihat permasalahan lingkungan ini, Pemerintah Kapanewon Banguntapan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul berkomitmen mendukung terwujudnya kampung ramah lingkungan.

Salah satu aktivitas yang mendukung kampung ramah lingkungan yakni adanya gerakan ekonomi kreatif, dimana hal ini lekat kaitannya dengan pemasaran produk. Kami menyadari poin pemasaran produk yang perlu akan sentuhan digital.

Untuk itu kami mengadakan pelatihan terkait digital marketing untuk warga di Dusun Mayungan, Salakan Potorono Banguntapan Bantul.

Dengan digital marketing diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya untuk penjualan produk yang dihasilkan atau pun informasi dan perkembangan dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Salakan Bersemi.

Praktek Langsung

Pada pelatihan tersebut peserta yang membawa laptop dapat langsung mempraktekkan pembuatan berita yang berkaitan dengan kegiatan KSM Salakan Bersemi. Untuk website telah didesainkan oleh LP3M UMY dengan alamat www.ksmsalakan.com.

Sementara untuk akun Instagram dan facebook telah didaftarkan dengan nama akun “KSM Salakan Bersemi”, dan untuk perpanjangan website tahun depan dapat dilakukan secara mandiri oleh KSM Salakan Bersemi.

Dalam pelatihan tersebut disampaikan secara dua arah dimana peserta pelatihan digital marketing aktif bertanya dan langsung mempraktekan pembuatan konten untuk pemasaran secara digital.

Peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sangat antusias dan menerima sangat baik untuk mendapatkan ilmu yang akan bermanfaat dalam memajukan kampung Salakan ramah lingkungan.

Kami sangat mengapresiasi tim LP3M UMY menghadirkan pembicara anak muda yang memiliki spirit untuk berbagi dan mengajarkan para anggota KSM Salakan Bersemi agar memahami bagaimana mengelola akun akun digital serta membuat mereka termotivasi untuk membagikan cerita kegiatan KSM Salakan Bersemi secara digital.

Harapan dari pelatihan dan pendampingan ini masyarakat akan dapat menggunakan akun media sosialnya untuk memasarkan produk dari masyarakat Padukuhan Salakan tidak hanya untuk skala lokal, tetapi juga dapat menjangkau skala nasional atau bahkan internasional yang nantinya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

KSM Salakan Bersemi harus mengambil kesempatan agar meningkatkan potensi masyarakat dengan menciptakan pasar.