Peran Strategis BPKH Sebagai Investasi Dana Haji

Bedah buku BPKH melalui zoom meeting, Kamis (25/3/2021)

Kasihan-Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memiliki peran strategis dalam investasi dana haji di Indonesia. PP Nomor 5 tahun 2018 memberikan kewenangan BPKH untuk mengelola keuangan haji dan dapat menginvestasikan dalam berbagai jenis.

Demikian mengemuka dalam Workshop Bedah Buku BPKH berjudul “Apa dan Bagaimana Investasi Keuangan Haji BPKH” di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), secara virtual melalui Zoom dan YouTube BPKHRI, Kamis (25/03/2021).

Anggota Dewan Pengawas BPKH, Dr. M. Akhyar Adnan, MBA.,CA.,Ak menjelaskan investasi dana haji bertujuan untuk menghasilkan nilai manfaat.

“Investasi akan digunakan untuk menutup kekurangan penyelenggaraan ibadah haji setiap tahunnya,” kata Akhyar.

Berdasar PP tersebut dana haji meliputi dari investasi berupa surat berharga, emas, investasi langsung serta investasi lainnya serta berasal dari penempatan bank.

“Yang utama lagi prinsip pengelolaan yakni wajib berdasarkan Syariah, kehati-hatian, keamanan serta memiliki nilai manfaat,” ucapnya.

Akhyar menuturkan melalui pengelolaan dana haji ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh calon jamaah haji. Selain dari investasi akan ada hasilnya sebagian akan dikembalikan ke calon jamaah dan sebagian untuk biaya operasional dan sebagian lagi untuk kemaslahatan.

“Pengawasaan pengelolaan dana haji juga dilakukan secara ketat. Sehingga BPKH selama ini memang amanah dalam mengelola dana haji yang ada, ” tutur dia.

Edukasi Kepada Publik

Adapun terkait bedah buku berjudul “Apa dan Bagaimana Investasi Keuangan Haji BPKH” sebagai bentuk edukasi publik tentang pengelolaan keuangan haji berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi syariah. Buku ini penting bagi para akademisi karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan baru tentang investasi Syariah.

“Selama ini masih banyak orang belajar tentang Syariah. Dari sisi akademisi buku ini sangat bagus membawa nilai-nilai edukasi,” terang Ketua Prodi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY, Dr. Imamudin Yuliadi,SE.,M.Si.

Imamudin membungkapkan melalui buku tersebut masyarakat akan lebih mengerti tentang risiko maupun keuntungan ketika seseorang maupun lembaga melakukan investasi secara syariah.