Sutedjo Lakukan Tebar Benih Ikan di Embung Blubuk

Bupati Kulon Progo, Sutedjo saat melakukan tebar benih ikan di Embung Blubuk. PEMKAB KULON PROGO

Pengasih – Dalam rangka program JOGO KALIKU (menjaga dan mengelola perairan umum di Kulon Progo) Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar Restocking Benih Ikan dan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) di Embung Blubuk Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo pada (22/03/2021).

Acara ini dimulai dengan tebar benih Ikan di embung Blubuk oleh Bupati Kulon Progo, Sutedjo, dan Wakil Ketua I DPRD Kulon Progo H. Ponimin.

Penjabat Lurah Sendangsari Samsudin, mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah membawa semangat dan memberi motivasi terhadap proses pengelolaan Embung Blubuk.

Selanjutnya, Samsudin berharap Embung Blubuk menjadi tujuan destinasi wisata di Kabupaten Kulon Progo. “Dengan adanya bimbingan dan arahan dari dinas maupun instansi pemerintahan, selaku pengelola Embung Blubuk, kita akan tetap termotivasi untuk meraih sebuah impian yang saat ini masih dalam angan-angan”. tambah Samsudin.

Sedangkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo Sudarna, menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk melestarikan sumber daya alam hayati.

“Kegiatan ini adalah bentuk kesadaran kita sebagai manusia yang diperintahkan oleh Yang Maha Kuasa bahwa apa yang kita nikmati hari ini adalah titipan anak cucu kita nanti”. Jelasnya.

Selain itu, Sudarna berharap terbentuknya Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS). Dengan kelompok yang beranggotakan masyarakat yang peduli dan aktif bersuka rela melestarikan sumberdaya ikan ini, diharapkan untuk aktif melakukan pengawasan terhadap kegiatan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan

Menjaga Berbagai Potensi

Sementara itu, Bupati Kulon Progo menyampaikan apresiasi serta dukungan yang sebesar-besarnya kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo atas terselenggaranya kegiatan ini.

Kegiatan seperti ini merupakan bentuk untuk menjaga dan memberdayakan berbagai potensi perairan umum di Kabupaten Kulon Progo.

“Kabupaten Kulon Progo ini mempunyai potensi perairan umum berupa Sungai, Waduk dan Embung yang memiliki peranan sebagai sumber keanekaragaman hayati, sumber ketahanan pangan dan sumber perekonomian rakyat”. ujar Sutedjo

Lebih jauh, Bupati menjelaskan, kegiatan Restocking di Embung Blubuk ini adalah sebagai bentuk pengawasan sumberdaya ikan di Kulon Progo. Oleh karena itu Sutedjo mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga dan mengelola perairan umum demi kelestarian sumber daya ikan serta bersama sama menjadi masyarakat pengawas dari penangkapan ikan secara ilegal dan tidak ramah lingkungan.

Kegiatan ini dihadiri oleh OPD terkait, Panewu Pengasih, Kapolsek Pengasih, Danramil Pengasih, dan Pengelola Embung Blubuk serta masyarakat Kalurahan Sendangsari, Pengasih.