Veronica Ambar Ismuwardani : Siap Majukan DPK Kota Yogyakarta

Veronica Ambar Ismuwardani, bekerja menjadi sebuah pengalaman yang berharga asalkan memiliki rasa syukur atas proses pembelajaran. PEMKOT YOGYAKARTA

Gondokusuman-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memberikan kepercayaan kepada Veronica Ambar Ismuwardani sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta. Sebelum menjadi Kepala DPK, wanita 52 tahun ini sempat menduduki Kepala Bagian Umum, bahkan ia sempat menjadi Sekretaris Kemantren di Gondomanan. Pengalamannya tersebut membuatnya mudah beradaptasi dan menyesuaikan dengan jabatan baru yang diembannya.

Ditemui di sela kesibukannya, Ambar, demikian sapaan akrabnya mengatakan akan memberikan pelayanan terbaik di masa jabatannya sekarang dan dimanapun ia ditempatkan.

Awal menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), ia meniti karir sebagai staf di Kemantren Mantrijeron. Kemudian, ia juga pernah ditugaskan menjadi Lurah Gedongkiwo, Lurah Muja Muju dan sekretaris Camat Jetis.

Dari bekerja di wilayah, ia kemudian diberikan kepercayaan sebagai Kepala Bagian Umum dan pernah juga menjabat sebagai Kepala Bagian Umum dan Protokol.

Menurutnya dua kearsipan bukan hal baru baginya, karena sebelumnya ia juga pernah berkecimpung di bidang kearsipan.

“Dunia kearsipan bukan hal baru bagi saya karena sebelumnya pernah berkecimpung dalam bidang kearsipan. Tugas sebelumnya sudah punya hubungan dengan kearsipan sehingga tidak sulit untuk penyesuaiannya. Semoga semakin cepat untuk menyesuaikan dan memberikan manfaat bagi DPK Kota Yogyakarta ini,” ungkapnya.

Ambar menambahkan jika DPK sudah memiliki banyak potensi yang mumpuni. Terlebih lagi dalam menuntut sebuah perubahan dalam layanan publik terutama di masa pandemi saat ini.

“DPK ini punya banyak sekali potensi dan sudah mumpuni, tinggal mendorong untuk mengikuti tuntutan perubahan layanan publik di masa pandemi ini. Semoga semua mampu menjadikan DPK inovatif, kreatif dan terus berprestasi,” jelas Ambar.

Proses Pembelajaran

Istri dari Bernardus Adji Prabasadhii ini mengatakan, semua yang akan dikerjakan selama ini banyak sekali tantangan untuk kedepannya. Ia berharap, semua pekerjaan dapat dijadikan suatu pengalaman yang berharga asalkan memiliki rasa syukur atas proses pembelajaran.

“Setiap pekerjaan pasti ada suka dukanya. Tetapi anggap saja sebagai proses pembelajaran untuk naik kelas dan menjadi lebih baik. Baik dalam kinerja maupun sebagai pribadi di rumah maupun lingkungan,” kata Ibu dari H. Galang Prastianusa ini.

Pemilik hobi membaca, traveling dan kuliner ini, tak segan-segan memberikan masukan dan arahan kepada siapa saja yang memerlukan bantuannya. Sebagai Kepala DPK Kota Yogyakarta, Ambar berharap bisa menjadi sosok yang dapat dijadikan teladan dan memberikan manfaat bagi orang banyak.

“Tentunya dukungan keluarga sampai saat ini sangat penting, dukungan dari pimpinan dan banyak pihak sangat berperan dalam keberhasilan yang sekarang ini saya dapat,” ujar Ambar.