Wadahi Seniman, Pemkab Bantul Siap Bangun Taman Budaya

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih bersama Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo saat menghadiri acara rapat koordinasi terkait pembangunan Taman Budaya Kabupaten Bantul. PEMKAB BANTUL

Sewon-Bertempat di Gedung Induk, Komplek Parasamya, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih bersama Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo siang ini menghadiri acara Rapat Koordinasi terkait Pembangunan Taman Budaya Kabupaten Bantul.

Taman Budaya Kabupaten Bantul nantinya akan dibangun di Pedukuhan Kamijoro, Desa Sendangsari, Kapanewon Pajangan dengan luas lahan kurang lebih 5 ha.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto menyampaikan alasan dibangunnya Taman Budaya di Kabupaten Bantul guna mewadahi kiprah dan karya para pelaku seni dalam bentuk ekspresi seni, baik itu pameran, festival, berbagai kegiatan pentas untuk skala Kabupaten tentunya membutuhkan tempat yang ideal.

“Kabupaten Bantul telah berupaya keras untuk membangun Taman Budaya yang representatif. Taman Budaya yang mampu mewadahi aktivitas, kiprah, dan ekspresi para pelaku seni sesuai potensi seni yang ada di Kabupaten Bantul,“ jelas Nugroho.

Nugroho juga menjelaskan bahwa unsur yang terlibat didalam Taman Budaya antara lain seniman, pengelola dan pelindung kehidupan seni budaya, kritik, masyarakat pemerhati seni budaya dan karya seni itu sendiri sebagai pengikat.

Pembangunan Sudah Dimulai

Sementara Bupati Bantul menyampaikan bahwa tahapan-tahapan pembangunan Taman Budaya sudah dimulai dan sebagian telah selesai. Karena itu, ia berharap untuk tahapan selanjutnya akan dapat berjalan dengan lancar dan kepada semua pihak yang terkait bisa bekerja bersama-sama untuk mendukung terwujudnya pembangunan Taman Budaya.

“Perlu kami sampaikan bahwa Kabupaten Bantul ini merupakan Gerbang Budaya DIY. Dimana, Kabupaten Bantul sangat diandalkan oleh DIY sebagai pusat pengembangan Budaya Adiluhung Mataram Ngayogyakarta Hadiningrat. Karena, tidak banyak Kabupaten/Kota di Jawa yang memiliki para pelestari pokgiat seni budaya sekuat di Kabupaten Bantul dan DIY,“ tuturnya.

Bupati menambahkan, kebudayaan ini merupakan identitas bahkan harga diri dari sebuah bangsa, karena itulah, penting kiranya kita mempunyai peta jalan menuju penguatan dan pengembangan budaya salah satunya dengan memiliki Taman Budaya.