Balai RT Jadi Rumah Pintar

Wajah sumringah dan suasana gotong royong nampak jelas menyelimuti warga RT 35/RW 08, Kricak, Tegalrejo setelah mereka berhasil mengubah Balai RT menjadi Rumah Pintar. Bermacam cara mereka lakukan untuk membangkitkan semangat belajar salah satunya dengan menyediakan fasilitas belajar yang menyenangkan di tengah mereka.

Rumah Pintar yang berhasil dibangun atas kerjasama Warga dengan Komunitas Sosial Jakarta With Love itu berada tidak jauh dari bantaran sungai winongo, tepat di sebelah timurnya.

Bangunan berukuran kurang lebih 7X10 meter berlantai dua itu dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang pendidikan mulai dari berbagai buku bacaan, meja belajar, ruang belajar hingga sejumlah alat peraga.

Kami mengaku lega dengan telah dibangunnya rumah baca tersebut. Keberhasilan tersebut adalah bukti semangat warga untuk terus mendorong kemajuan pendidikan. Ini hasil keringat warga dan tentunya bantuan dari Jakarta With Love.

Sebelum menjadi menjadi rumah pintar, dulunya bangunan itu dimanfaatkan warga sebagai Balai RT namun karena melihat kebutuhan akan ketersediaan ruang publik yang sekaligus bisa dijadikan fasilitas belajar mereka bersepakat untuk menyulap menjadi Rumah Baca.

Diharapkan rumah baca ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan warga bersemangat untuk terus mengembangan dan merawatnya.

Untuk mendorong inovasi itu, kami akan mengisi beragam kegiatan yang bisa dilakukan warga untuk menghidupkan rumah pintar. Seperti sebagai sanggar seni, belajar bersama hingga untuk keperluan musyawarah warga.

Proses pembangunan ruang publik diakuinya tidaklah mudah, seiring dengan laju pertumbuhan jiwa dan pembangunan di Kota Yogyakarta. Namun dengan semangat dan tekad warga hal itu bisa dibuktikan di Kricak.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti pun sangat mengapresiasi langkah tersebut, pada kesempatan tersebut beliau mengatakan jika gagasan rumah pintar itu diharapkan bisa dilakukan di wilayah lain di Kota Yogyakarta sehingga semakin banyak dan menebar manfaat.

Siskamling dengan Penerapan Teknologi

Generasi terus berganti, teknologi pun semakin maju setiap waktu. Setiap perkampungan perkotaan dan pedesaan pun memiliki kebutuhan yang berbeda dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan (kamling).

Tak terkecuali di wilayah RT 29 RW 07 Kelurahan Kricak. Bentuk upaya menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan itu diciptakan sedemikian rupa sehingga telah mengadopsi teknologi terkini.

Salah satunya adalah penerapan pengawasan menggunakan CCTV yang telah terintegrasi dalam sistem android. Sehingga, setiap orang yang memiliki aplikasi dapat memantau dan mengawasi keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing.

Hal yang lainnya adalah dalam hal tertib kehadiran saat piket ronda. Untuk menertibkan administrasi dan daftar hadir, menggunakan e-book sebagai pengganti manual.

Ke depan, akan dikembangkan sistem barcode saat menarik jimpitan sehingga akan terdata dan terekam pengambilan jimpitannya.

Adanya sistem informasi yang diterapkan di lingkungan RT 29 memudahkan dalam pelaporan maupun pengawasan lingkungan.

Adanya teknologi dan sistem informasi yang diterapkan dalam pengawasan lingkungan di wilayah RT 29 sesungguhnya untuk memudahkan dalam koordinasi maupun pengawasan itu sendiri. Hal lainnya adalah membuat kegiatan siskamling menjadi mudah, praktis, aplikatif dan menyenangkan.

Adanya terobosan dan inovasi di poskamling RT 29 RW 07 membuatnya mendapat Juara I kegiatan Lomba Cipta Kondisi dan Pos Kamling Tingkat Kecamatan Tegalrejo Tahun 2017 yang lalu.