Buku Pemulasaran Jenazah Covid-19

Pemulasaran jenazah Covid-19 Kapanewon Banguntapan. (Foto: Kapanewon Banguntapan)

Di Masa pandemi Covid-19, korban meninggal semakin banyak. Sebagian meninggal di Rumah Sakit, dan ada juga yang meninggal masih di rumah atau dalam perjalanan ke Rumah Sakit. Ketika meninggal di Rumah Sakit, tidak begitu bermasalah karena sudah ada petugas yang menangani pemulasarannya. Berbeda jauh ketika jenazah meninggal di rumah. Ahli waris dan tetangga tidak ada yang berani melakukan pemulasaran.

Jenazah pasien Covid-19 juga perlu dikelola dengan etis dan layak sesuai dengan agama, martabat, nilai, norma dan budaya, itulah yang melatarbelakangi Kapanewon Banguntapan untuk meluncurkan buku saku yang mengulas tentang tata cara pemulasaran jenazah Covid-19.

Buku saku tersebut dibuat karena kebutuhan mendesak yang ada di masyarakat. Karena adanya jenazah yang meninggal di lingkungan masyarakat. Buku ini merupakan ringkasan dari berbagai sumber yang ada serta masukan dari berbagai pihak.

Selain itu, katanya, buku tersebut dibuat agar bisa menjadi referensi yang dapat membantu penanganan pemulasaran jenazah covid saat meninggal di rumah.

Kriteria Jenazah Covid-19

Dalam buku ini juga dijelaskan kriteria jenazah tersebut meninggal karena covid atau bukan, menurutnya sebelum dilakukan pemulasaran jenazah perlu dilakukan identifikasi terhadap jenazah.

Kriteria jenazah Covid-19 adalah jenazah suspek Covid-19 dari dalam rumah sakit sebelum keluar hasil swab, jenazah pasien dari dalam rumah sakit yang telah ditetapkan sebagai kasus konfirmasi Covid-19, dan jenazah dari luar rumah sakit, dengan riwayat yang memenuhi kriteria konfirmasi Covid-19, hal ini termasuk pasien DOA (Death on Arrival) rujukan dari rumah sakit lain.

Tentu saja identifikasi ini dilakukan setelah ada laporan dari keluarga ahli waris atau tetangga terdekat kepada RT atau satuan tugas penanganan Covid-19.

Selanjutnya dilakukan otopsi verbal untuk memastikan jenazah tersebut apakah benar termasuk kriteria Covid-19. Setelah bisa dipastikan, selanjutnya dilakukan persiapan-persiapan untuk pelaksanaan pemulasaran jenazah.

Bagi warga masyarakat yang menginginkan buku tersebut dapat mengunduh buku ini di google play book dengan judul “buku saku tata cara pemulasaran jenazah Covid-19” secara gratis.

Adapun untuk pemulasaran jenazah non covid-19, untuk keselamatan dan kesehatan secara umum, agar tetap memakai peralatan standar seperti masker, sarung tangan, sepatu boot, hazmat dan lain sebagainya.