Danang Maharsa Pantau Usaha Perbenihan

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat peninjauan lokasi usaha perbenihan CV Jogja Horti Lestari. (Foto: Pemkab Sleman)

Turi-Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY dan Kabupaten Sleman melakukan peninjauan lokasi usaha perbenihan CV Jogja Horti Lestari, Rabu (31/3/2021).

Tinjauan tersebut dilakukan di dua lokasi yaitu pertama di Kantor yang sekaligus menjadi tempat produksi bibit dan lokasi kedua yaitu lahan yang menjadi tempat uji coba bibit yang telah diproduksi.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan bahwa dalam tinjauan tersebut, Dirinya melakukan diskusi langsung bersama dengan pengembang sekaligus pemilik usaha perbenihan Jogja Horti Lestari.

“Kami melakukan diskusi langsung bersama pemilik Jogja Horti Lestari yang juga Petani yang selalu membuat inovasi berkaitan dengan hortikultura di Sleman. Dengan harapan nantinya bisa menjadi barometer pusat penelitian dan edukasi untuk petani sleman,” katanya.

Varietas Baru

Lebih lanjut, Danang Maharsa juga melihat kemungkinan adanya kerjasama yang memungkinkan temuan varietas baru yang dikembangkan Jogja Horti Lestari dapat dimanfaatkan oleh petani di Sleman sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman di Sleman.

“Saya berharap dari CV. Jogja Horti Lestari melakukan pelatihan dan pendampingan ke petani sleman agar mendapatkan produk yang lebih optimal yang nantinya diharapkan dengan adanya temuan varietas baru yang dihasilkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk tanaman hortikultura di Kabupaten Sleman,” ujar Danang Maharsa.

Adapun Jogja Horti Lestari ini merupakan perusahaan yang berkonsentrasi dalam bidang pertanian mencakup pengadaan varietas unggul produk hortikultura berupa benih sayuran dan buah musiman.

Jogja Horti Lestari juga merupakan produsen benih yang berbasis riset (penelitian) dimana kegiatan utamanya adalah pemuliaan tanaman hingga menghasilkan varietas-varietas unggul dan telah mendapatkan ISO 9001:2015.