Ngabuburit di Pasar Ramadhan Banguntapan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan bagi umat muslim seluruh dunia. Kita akan mendapati bulan Ramadhan sebagai bulan spesial. Di bulan ini kita akan dihadapkan berbagai aktivitas keislaman dan agenda amalan selama puasa.

Ada yang merayakannya dengan memberikan banyak sedekah kepada orang lain. Ada juga yang merayakan ramadhan dengan berbagai kegiatan sosial untuk menambah amalan pahala.

Menikmati Ramadhan di sore hari identik dengan adanya aktivitas yang digunakan untuk menunggu berbuka puasa. Banyak agenda yang bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa atau yang dikenal dengan ngabuburit.

Ngabuburit banyak sekali ragamnya yang bisa dipilih. Selain aktivitas di masjid, kegiatan ngabuburit ada yang melakukannya dengan mencari menu untuk berbuka puasa.

Yogyakarta merupakan surga untuk berburu kuliner takjil, karena di Yogyakarta terdapat beragam pasar Ramadhan, seperti yang ada di kantor Kapanewon Banguntapan. Di Kantor ini deretan pedagang telah siap menjajakan berbagai makanan untuk berbuka puasa.

Pasar Ramadhan ini adalah inisiasi dari Pemerintah Kapanewon Banguntapan dan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kapanewon Banguntapan. Meski pandemi belum usai, namun tidak menyurutkan mereka untuk mencari rezeki.

Pasar yang buka pada pukul 14.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB tiap harinya ini berada di depan Kantor Kapanewon Banguntapan. Pasar ini rencananya akan buka selama bulan Ramadhan. Pasar ini memberi wadah kepada masyarakat untuk membangkitkan ekonomi.

Menyediakan Berbagai Menu Buka Puasa

Pasar yang buka sejak sore hari ini menyediakan aneka kuliner, berbagai produk UMKM lokal Banguntapan seperti aneka jenang, cocktail, kolak, dawet, kue, gorengan, dan sebagainya.

Selain itu di pasar ini juga menyediakan berbagai minuman segar seperti seperti es buah, es pisang ijo, es kelapa muda, dan berbagai minuman segar lainnya, tak heran apabila pasar ini selalu ramai diserbu oleh masyarakat. Terdapat sekitar 10 orang penjual di pasar ini.

Sementara untuk mengurangi penularan Covid-19 di area tersebut maka jumlah penjual di pasar tersebut pun juga dibatas, apalagi terletak di pinggir jalan yang rawan macet. Selain itu pasar ini juga dalam pengawasan Satgas Covid-19 Kapanewon Banguntapan. Satgas tersebut akan selalu melakukan pemantauan pelaksanaan di lapangan.

Pandemi Covid-19 belum berlalu, namun ekonomi warga masyarakat harus tetap berjalan. Untuk itu kami mengizinkan pasar ini beroperasi, namun dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, jadi ekonomi tetap jalan, tapi penularan covid-19 bisa kita hindari dan kita tekan.

Penjual di pasar tersebut diminta mengenakan masker dan menyediakan hand sanitizer, serta harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Program ini didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kapanewon Banguntapan agar ekonomi di masa pandemi tetap jalan.

Selain penjual, para pengunjung yang datang ke pasar tersebut wajib mematuhi protokol kesehatan, jarak antar penjual pun juga ditata sedemikian rupa agar tidak berjubel.

Dengan adanya pasar ramadhan ini masyarakat dengan mudah dapat mendapatkan hidangan untuk buka puasa,mulai dari aneka jenis minuman menyegarkan, juga aneka makanan serta camilan ringan yang sangat cocok untuk berbuka puasa.

Diharapkan dengan adanya pasar Ramadhan ini ekonomi warga masyarakat Banguntapan bisa segera pulih akibat pandemi Covid-19.

 

Add Comment